Bahlil Calon Kuat Menteri Investasi, Dulunya Sopir Angkot

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 21 Apr 2021 06:30 WIB
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia
Bahlil Lahadalia/Foto: Mohammad Wildan/20detik
Jakarta -

Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk Kementerian Investasi. Rencana tersebut telah disetujui DPR dalam rapat paripurna penutupan masa sidang IV tahun 2020-2021.

Namun, sampai hari ini Jokowi belum mengumumkan sosok yang akan menjadi Menteri Investasi. Sementara menurut sumber detikcom, Bahlil Lahadalia dipastikan bakal menempati posisi Menteri Investasi. Kepastian tersebut sudah tak tergoyahkan.

"Fix! Bahlil Menteri Investasi," kata sumber detikcom dikutip kemarin Selasa (20/4/2021).

Bahlil Lahadalia saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Tugas lembaga tersebut memang berhubungan dengan investasi.

Mengutip laman resmi BKPM, tugas pokok BKPM adalah melaksanakan koordinasi kebijakan dan pelayanan di bidang penanaman modal berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sebelum duduk di pemerintahan, Bahlil lama berkecimpung sebagai pengusaha. Dia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) periode 2015-2019.

Lalu, pria kelahiran Banda, Maluku, 7 Agustus 1976 itu masuk ke dalam kabinet Indonesia Maju di periode kedua kepemimpinan Presiden Jokowi.

Profil Bahlil yang merupakan mantan sopir angkot di halaman selanjutnya.

Simak video 'Ngabalin Yakin Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Investasi!':

[Gambas:Video 20detik]