Konsumsi Meningkat, Daya Beli Orang RI Mulai Pulih?

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 22 Apr 2021 13:58 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan angka konsumsi Indonesia pada Maret 2021 menunjukkan peningkatan. Konsumsi pada maret naik cukup signifikan dari 85,8 pada Februari melonjak ke 93,4 pada Maret.

"Ini artinya konsumen di Indonesia memiliki keyakinan yang membaik," katanya dalam konferensi pers virtual, Kamis (22/4/2021).

Peningkatan aktivitas konsumsi masyarakat pada Maret lalu terlihat utamanya pada makanan, minuman, informasi, hingga pakaian dan perlengkapan rumah tangga dan kegiatan rekreasi.

Sri Mulyani bilang, konsumsi diperkirakan akan terus menguat pada kuartal II 2021. Hal ini terlihat dari indeks penjualan ritel yang juga naik pada Maret di 182,3. Peningkatan pada kuartal II katanya disumbangkan oleh rasa percaya diri dan aktivitas yang mulai pulih meskipun ada pelarangan mudik ke depan.

Angka konsumsi juga diyakini terus naik lantaran adanya rebound dari aktivitas konsumsi tahun lalu. Diharapkan meningkatnya aktivitas ini bisa terus sambil menjaga angka kasus COVID-19 agar pemulihan ekonomi bisa terjaga.

"Aktivitas konsumsi di sekitar bulan Lebaran diperkirakan masih akan meningkat dan juga ada faktor technical rebound karena kuartal II 2020 lalu Indonesia mengalami kontraksi yang paling dalam yaitu di atas 5%" kata Sri Mulyani.

Lihat juga Video: Jokowi Ingatkan April-Juni Bisa Tentukan Pertumbuhan Ekonomi RI

[Gambas:Video 20detik]



(aid/eds)