Nih Baru Sultan! Kakak Beradik Ini Beli 71 Gerai Restoran Cepat Saji

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 26 Apr 2021 03:00 WIB
Retoran unik di bangkok
Ilustrasi Restoran (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Mohsin Issa dan Zuber Issa miliarder asal Inggris yang membeli 71 gerai restoran cepat saji yang benama Leon. Dua bersaudara itu membeli jaringan restoran tersebut melalui perusahaan mereka, EG Group.

Kedua perusahaan sepakat untuk bertransaksi dengan nilai 100 juta poundsterling setara Rp 2 triliun (kurs Rp 20.128).

Puluhan restoran yang dibeli Issa bersaudara tersebar di Inggris hingga Eropa. Mencakup 42 restoran milik perusahaan, serta 29 waralaba yang sebagian besar ditemukan di bandara dan stasiun kereta api di Inggris dan beberapa negara Eropa seperti Belanda dan Spanyol.

Dalam pernyataan bersama, Mohsin Issa dan Zuber Issa mengatakan Leon merupakan restoran yang mereka kagumi sejak lama. Sementara Bos Leon, John Vincent yang ikut mendirikan restoran pada 2004 mengaku sedih karena harus melepas puluhan restorannya.

"Dalam beberapa hal ini adalah hari yang menyedihkan bagi saya," kata Vincent, dikutip dari BBC, Senin (19/4/2021).

"Kami telah berusaha keras, melakukan beberapa hal baik, memperbaiki kesalahan dan membangun bisnis yang membuat banyak orang cukup berbaik hati untuk mengatakan bahwa mereka menyukainya," tambahnya.

Selain membeli gerai restoran, EG Group juga berkomitmen untuk mempertahankan tim manajemen dan staf Leon. EG Group mengatakan akuisisi ini dilakukan untuk memperluas bisnisnya di sektor makanan.

Sejauh ini EG Group telah mengoperasikan lebih dari 700 gerai makanan di Inggris dan Irlandia, termasuk cabang dan drive-thru untuk KFC, Starbucks, dan Greggs. Rencananya, EG Group membuka sekitar 20 gerai Leon baru mulai 2022.

Selain itu, perusahaan Issa bersaudara itu juga berencana menciptakan buku masak versi Leon, bahan makanan merek sendiri, dan makanan siap saji yang dijual di supermarket.

Meski sedih karena harus melepas puluhan restorannya, John Vincent merasa senang mengenal Mohsin dan Zuber selama beberapa tahun terakhir. Menurutnya, Issa bersaudara merupakan pebisnis yang baik dan pekerja keras.

"Mereka telah menjadi pelanggan Leon yang antusias, pergi keluar dari cara mereka untuk makan di sini setiap kali mereka mengunjungi London. Mereka adalah pebisnis yang baik dan pekerja keras yang berkomitmen untuk mempertahankan dan lebih jauh memperkuat nilai dan budaya yang telah kami bangun," katanya.

(das/dna)