Jangan Langsung Tuduh Babi Ngepet, Kerjaan Ini Digarap di Rumah Tetap Bisa Cuan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 29 Apr 2021 11:43 WIB
Close up photo of men using phone and laptop in the office
Foto: Getty Images/iStockphoto/Jokic
Jakarta -

Babi ngepet jadi perbincangan warganet setelah kemunculan seekor babi di Depok. Belakangan babi ngepet yang jadi sorotan itu ternyata memang babi, bukan binatang jadi-jadian.

Yang unik, dalam beberapa potongan video yang beredar di media sosial, ada seorang yang mengaku tahu sosok di balik babi ngepet itu. Hal ini berawal dari kecurigaan kepada tetangganya yang kaya tiba-tiba.

Ibu ini mengatakan tetangganya itu berdiam di rumah saja namun tiba-tiba kaya. Dia pun curiga tetangganya itu merupakan sosok di balik babi ngepet yang viral, meski tak bisa memberikan bukti yang nyata.

Babi ngepet diyakini sebagai hewan jadi-jadian yang merupakan salah satu bentuk pesugihan. Ini dipercaya bisa membuat kaya raya pelakunya.

Namun, di era digital seperti ini mau kaya raya tak perlu repot-repot jadi babi ngepet. Sederet pekerjaan bisa dikerjakan hanya dari rumah saja, dan memberikan pemasukan yang cukup luar biasa.

Menurut Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho, banyak peluang bisnis dan karier yang bisa dilakukan hanya dari rumah.

"Kalau ingin berbisnis dari rumah peluangnya banyak sekali. Jadi di rumah bukan berarti nggak bisa menghasilkan uang," kata Andy, Rabu (28/4/2021).

Daripada jadi babi ngepet, lebih baik mencoba pekerjaan-pekerjaan lain yang bisa dilakukan di rumah. Salah satunya adalah menjadi freelance.

Jadi freelance menjadi salah satu pilihan pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah daripada cari ilmu jadi babi ngepet. Freelance sendiri adalah pekerja lepas yang menerima pekerjaan dari beberapa pihak dengan skala per proyek.

Pekerjaan ini bisa memberikan keleluasaan untuk pekerja freelance mengatur ritme kerjanya. Prinsipnya, pekerja dibayar sesuai apa yang dihasilkan olehnya. Uniknya pemberi pekerjaan juga bukan cuma orang lokal saja, freelance juga bisa mendapatkan pekerjaan dari luar negeri.

Salah satu contoh freelance adalah menjadi copy writer, Andy mengatakan, saat ini sektor bisnis, terutama bisnis yang fokus di penjualan online memerlukan banyak copywriter.

Dia mengatakan, jika seseorang punya kreativitas dalam menciptakan kata-kata unik, maka orang itu bisa berkarier menjadi copywriter meski hanya di rumah saja.

"Ada orang yang menjual jasanya itu membuat caption untuk media sosial, jadi misalnya ada pedagang yang nggak sempat mengurusi media sosialnya, nah dia jadi digital marketingnya. Nah itu sekarang ada kontraknya bulanan, harian, dan sebagainya, itu copywriter," papar Andy.

Pekerjaan lain yang bisa dilakukan di rumah di halaman berikutnya.