Lipsus Bukit Algoritma

Bukit Algoritma Bakal Nyambung Tol Bocimi

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 30 Apr 2021 10:27 WIB
Penampakan vila dan bangunan terbengkalai di Lokasi proyek Bukit Algoritma
Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom: Penampakan vila dan bangunan terbengkalai di Lokasi proyek Bukit Algoritma
Jakarta -

Proyek Bukit Algoritma di Cikidang, Sukabumi diungkapkan pemilik lahan sekaligus Direktur Utama PT Bintang Raya Loka Lestari Dhanny Handoko, bakal terhubung dengan Tol Bogor-Ciawi- Sukabumi (Bocimi).

Tol Bocimi Seksi II Cigombong-Cibadak hingga kini masih dalam proses pembangunan. Kata Dhanny, pihaknya akan membuat jalan yang menghubungkan Tol Bocimi dengan kawasan 'Silicon Valley' Bukit Algoritma.

"Dibuat jalan baru. Jadi memang dari perencanaan dulu ini kan lahan ini dua sebenarnya, kecamatan Cikidang dan Kecamatan Cibadak. Yang sudah dibuka seperti ini memang Kecamatan Cikidang, tapi nantinya gerbang justru dari Kecamatan Cibadak," kata Dhanny saat berbincang dengan tim detikcom baru-baru ini di lokasi Bukit Algoritma.

Kata dia jalan baru yang akan dibangun untuk menghubungkan kawasan Bukit Algoritma dengan pintu Tol Bocimi sekitar 6,2 kilometer (km).

Dia juga mengatakan sempat ada wacana dibangun Jalan Lingkar Cibadak. Lalu ada juga rencana dari pemerintah untuk membangun Tol Jakarta-Bogor-Palabuhanratu (Jagoratu). Tapi, dia belum mengetahui detailnya saat ini seperti apa.

Tapi yang jelas, jika rencana tersebut terlaksana maka akan memperkaya akses menuju Bukit Algoritma. Lanjut dia, untuk Jalan Lingkar Cibadak sudah ada wacana sebelum pihaknya mengusulkan kawasan ekonomi khusus (KEK) Sukabumi.

"Tapi untuk hal itu detailnya nanti mungkin di pemerintahan daerah," sebutnya.

Untuk saat ini, jalan eksisting menuju Bukit Algoritma memang agak terbatas. Selain jalurnya yang sempit, aspalnya juga sedikit kasar.

Seperti apa akses ke Bukit Algoritma? klik halaman berikutnya.

Tonton juga Video: Bangunan di Bukit Algoritma Berteknologi Tahan Gempa Ala Jepang

[Gambas:Video 20detik]