Ma'ruf Amin Mau Ada Super App buat Kelola Wakaf

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 07 Mei 2021 12:44 WIB
Maruf Amin Membuka Konferensi Sawit di Bali
Foto: Maruf Amin Membuka Konferensi Sawit di Bali (Danang Sugianto/detikcom)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin kembali menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi dan platform digital untuk meningkatkan kesadaran berwakaf. Tidak hanya kesadaran, namun juga untuk pengelolaan, pelaporan dan pemanfaatan wakaf.

"Melalui pemanfaatan teknologi digital tersebut transparansi pengelolaan wakaf dan kredibilitas pengelola wakaf akan semakin meningkat," katanya dalam acara Webinar Nasional Wakaf, Jumat (7/5/2021).

Pihaknya mengapresiasi Badan Wakaf Indonesia (BWI) yang telah mencanangkan program pengembangan wakaf berbasis data dan transformasi digital dalam pengelolaan wakaf di Tanah Air. Pihaknya juga berharap, strategi wakaf digital ekosistem yang dikembangkan BWI akan terimplementasi dengan baik.

Menurutnya, melalui wakaf digital ekosistem ini pengelolaan wakaf yang dilakukan oleh semua pemangku kepentingan di luar BWI dapat terhubung dan terintegrasi dengan baik. Dengan demikian, lanjutnya, super aplikasi (super app) untuk wakaf dapat terwujud.

"Dengan demikian diharapkan akan segera terwujud adanya wakaf super app di mana kita dapat mengaksesnya untuk mendapat berbagai informasi tentang wakaf, akses pelayanan online, pendaftaran pelaporan, pengaduan kasus, dan kerja sama mendapatkan berbagai pilihan platform digital pengumpulan dana atau digital fundraising dan akan mendukung upaya pengembangan lainnya ke depan," paparnya.

Ma'ruf Amin menambahkan, upaya mewujudkan wakaf digital ekosistem ini memerlukan dukungan semua pihak.

"Upaya mewujudkan ekosistem perwakafan nasional tersebut tentu memerlukan komitmen kerja sama dan dukungan seluruh pihak," katanya.

(acd/fdl)

Tag Terpopuler