Karyawan Mulai Stres, HSBC Terapkan Jumat Sore Tanpa Zoom Meeting

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 11 Mei 2021 10:19 WIB
Logo Bank HSBC
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Raksasa perbankan HSBC berencana membuat kebijakan 'Jumat sore tanpa Zoom' untuk beberapa staf Inggris. Upaya ini dilakukan untuk mengatasi stres yang disebabkan oleh bekerja dari rumah (WFH) selama pandemi COVID-19.

Mengutip dari BBC, Selasa (11/5/2021) program baru itu dibuat untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan. Langkah tersebut juga dilakukan sejalan dengan rencana HSBC yang ingin mempermanenkan sistem bekerja jarak jauh dan akan mengurangi ruang kantornya sebesar 40%.

Program itu kini tengah memasuki masa uji coba. Nantinya berlaku untuk unit perbankan komersialnya, yang mencakup giro, pinjaman, hipotek dan kartu kredit.

"Uji coba akan melibatkan sejumlah orang yang berkomitmen untuk tidak mengatur pertemuan Zoom pada Jumat sore untuk memberi ruang bagi pekerjaan lain," kata juru bicara bank.

Sebelumnya, HSBC pernah menjadi sorotan setelah karyawannya membagikan ceritanya setelah mengalami serangan jantung. Seorang Manajer Program Regulasi HSBC, Frostick mengatakan dia telah memutuskan jika sembuh nanti dia akan mengurangi aktivitas Zoom-nya.

"Saya tidak menghabiskan sepanjang hari di Zoom lagi," katanya.

Cerita yang dibagikan di LinkedIn pribadinya itu menarik perhatian pengguna platform, menarik lebih dari 11.000 komentar. Bahkan, seorang responden berkata, "Perusahaan Anda terus mendorong untuk bekerja tanpa memperdulikan kesejahteraan pribadi Anda," katanya.

Tidak hanya HSBC, perusahaan lain seperti Citigroup telah menghadirkan Zoom-free Fridays. Sedangkan, raksasa akuntansi KPMG mengizinkan stafnya dapat pergi lebih awal satu hari dalam seminggu untuk mengurangi stres Zoom dan WFH.

Selama pandemi COVID-19 melanda, aktivitas orang terbatas untuk keluar atau bekerja di kantor. Kini Zoom menjadi alat utama yang digunakan banyak perusahaan agar mereka tetap bisa bertatap muka. Namun, karyawan juga mengalami kelelahan Zoom.

Bahkan bos Zoom Eric Yuan pun mengakui ada dia juga menderita kelelahan melakukan Zoom. Akhirnya dia juga berencana tidak lagi menjadwalkan pertemuan secara berturut-turut.

Tonton juga Video: Hilangkan Stres di Era Pandemi Dengan Meditasi

[Gambas:Video 20detik]



(das/das)

Tag Terpopuler