Siapa yang Bakal Jadi Wamen PAN-RB? Ini Kata Tjahjo

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 05 Jun 2021 12:00 WIB
Tjahjo Kumolo
Foto: Wilda/detikcom
Jakarta -

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo bakal didampingi Wakil Menteri (Wamen). Hal itu tertuang Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 47 Tahun 2021 tentang Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) yang baru dikeluarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Akan tetapi, sampai saat ini belum ada nama-nama kandidat yang bakal mendampingi Tjahjo. Dikonfirmasi langsung, Tjahjo meminta masyarakat agar menunggu keputusan dari Jokowi terkait nama pendampingnya nanti. Mengingat, dalam pasal 2 Perpres tersebut telah ditetapkan jabatan Wakil Menteri diangkat dan diberhentikan oleh presiden.

"Ya belum ada (nama kandidat) kita tunggu saja keputusan bapak Presiden pada moment penambahan Wamen," ujar Tjahjo kepada wartawan, Sabtu (5/6/2021).

Tjahjo menyambut positif keputusan tersebut. Penunjukan Wamen menurutnya adalah bagian dari upaya penguatan di Kemenpan-RB.

"Tidak masalah karena penguatan Kemenpan-RB yang salah satunya melaksanakan visi misi Presiden yaitu reformasi birokrasi. Ibaratnya leher kebijakan tata kelola pemerintahan di mana UU Cipta Kerja berhasil harus dari birokrasi dalam mempercepat perizinan dan pelayanan kepada masyarakat sekarang sehari hari di bawah koordinasi wakil presiden," sambungnya.

Lagi pula, sebelumnya di bawah kepemimpinan presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono, sudah ada posisi Wakil Menpan-RB. Setelah itu, Kemenpan-RB hanya dipimpin oleh seorang Menteri. Untuk itu, soal pengadaan kembali posisi ini, ia mengaku patuh pada keputusan Presiden.

"Menteri adalah pembantu presiden dan harus taat penuh melaksanakan perintah presiden untuk mempercepat tugas-tugas pemerintahan presiden," tegasnya.

(fdl/fdl)