Pensiunan PNS Didorong Jadi Pengusaha, Begini Caranya

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 07 Jun 2021 16:52 WIB
Hari ini para PNS Pemprov DKI Jakarta mulai beraktivitas normal. Tingkat absensi pada hari pertama masuk kerja hadir 100 persen.
Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna

Program Wirausaha Pintar ASN termasuk dalam salah satu program kerja unit PKBL Taspen yang menjadi program kerja klaster asuransi Taspen dan juga Asabri. Pemilihan lokasi Bali juga disebut untuk mendukung program pemerintah yaitu Work From Bali.

"Pemilihan lokasi pelatihan di Bali adalah bentuk dukungan Taspen sebagai bagian dari BUMN bagi Program Pemulihan Ekonomi Nasional Pemerintah Indonesia, yaitu Work From Bali yang memiliki tujuan menghidupkan pariwisata dan perekonomian di Bali," imbuh Kuspriyani.

Sekda Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa mengatakan pelatihan itu merupakan salah satu kepedulian untuk memulihkan perekonomian Indonesia.

"Saya mengapresiasi Taspen atas pemilihan Bali sebagai lokasi pelatihan serta kepeduliannya untuk memberikan program Wirausaha kepada ASN, ini merupakan salah satu upaya untuk menghilangkan stigma yang melekat bahwa pensiunan adalah orang yang tidak berdaya," katanya.

Targetnya, 2021 ini Program Wirausaha Pintar ASN dapat melakukan pelatihan dan pendampingan kepada 1.000 orang ASN TASPEN. Adapun beberapa bidang usaha Wirausaha Pintar TASPEN yang telah berjalan antara lain adalah Rumah Pangan Kita yang bekerja sama dengan Bulog, Kios Warga yang bekerja sama dengan PT JSS, Hidroponik dan juga Ternak Lele.


(ara/ara)