Kisah Inspiratif

Perjalanan BTS, dari Boy Band 'Miskin' Sampai Jadi Bintang Dunia

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 11 Jun 2021 08:00 WIB
NEW YORK, NEW YORK - DECEMBER 31: BTS performs during Dick Clarks New Years Rockin Eve With Ryan Seacrest 2020 on December 31, 2019 in New York City. (Photo by Eugene Gologursky/Getty Images for Dick Clark Productions )
Foto: Getty Images
Jakarta -

BTS merupakan salah satu boy band asal Korea Selatan yang fenomenal. Saat ini Bangtan Sonyeondan menjadi grup musik kenamaan seantero dunia.

Perjalanan karir grup dengan 7 member ini tidak mulus begitu saja. Perjuangan yang berat telah mereka lewati. Dikutip dari Time, pada 2010 lalu agensi yang menaungi BTS, Big Hit merekrut RM sebagai rapper. Kemudian agensi juga merekrut Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook karena bakat menyanyi, menari dan rap mereka.

Tiga tahun kemudian, BTS mulai melakukan single debut "No More Dream" yang isinya mengritik tekanan sosial di Korea. Seperti ekspektasi tinggi pada anak sekolah, kesehatan mental hingga dukungan untuk hak-hak LGBTQ.

Dari berbagai sumber, disebutkan Big Hit saat itu bukanlah agensi besar. Namun saat debut, semangat BTS sangat membara. Hingga mereka merilis video klip We Are Bullettproff PT.2 yang berhasil mencuri perhatian pecinta musik Kpop.

Mereka bertujuh dulunya tinggal di sebuah dorm kecil dan tidur di ranjang susun, sangat sederhana. Namun hal ini pula yang membentuk kekompakan mereka hingga sekarang.

Agensi yang menaungi BTS memang memahami cara untuk membuat BTS menjadi lebih tenar dibanding sebelumnya. Mereka merilis album Dark and Wild sampai mulai tur pertama ke Jepang lalu mulai menggelar tur-tur berikutnya di banyak negara.

Tahun 2015 BTS berhasil menyabet banyak penghargaan mulai dari World Rookie Award Gaon Chart Music Award, Disk Bonsang Golden Disc Awards sampai Best World Performer Mnet Asian Music Awards.

Di tahun yang sama BTS juga berada di posisi ketiga dalam Billboard's World Digital Chart dan tampil di Billboard studios.

Pada 2016 BTS sukses dengan album barunya WINGS dan langsung menduduki posisi puncak Billboard. Mereka merupakan artis Korea pertama dengan penjualan album tertinggi yang dicatat Billboard.

Untuk pre order penjualan album fisik WINGS sebanyak 500.000 dan jumlah penjualan digital sebanyak 600.000. Tahun ini pula BTS mengantongi penghargaan best album of the years di ajang melon music awards.

Nama BTS terus mendunia, mereka berkolaborasi dengan penyanyi seperti Halsey, DJ Aoki, Lil Nas X, Sia, Nicky Minaj, Becky G, Zara Larsson, Charli XCX dan Lauv.

Lihat Video: BTS Dibayar Fantastis untuk Kolaborasi McD BTS Meal

[Gambas:Video 20detik]