Ngobrol Kartu Prakerja, Airlangga Dicurhati Driver Online

Erika Dyah Fitriani - detikFinance
Jumat, 18 Jun 2021 20:47 WIB
Kemenko Perekonomian
Foto: Kemenko Perekonomian
Jakarta -

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto berdialog dengan perwakilan alumni Program Kartu Prakerja dari berbagai kalangan. Ia menilai konsep digitalisasi yang diterapkan dalam pelaksanaan program Kartu Prakerja selama ini terbukti inklusif menjangkau semua lapisan masyarakat.

"Hari ini kita melihat bahwa program Kartu Prakerja berhasil menjangkau seluruh lapisan demografi. Mulai dari laki-laki, perempuan, ibu-ibu, generasi muda dari berbagai kalangan dan wilayah. Semua yang hadir di sini membuktikan bahwa Program Kartu Prakerja bisa memberikan manfaat yang nyata kepada penerimanya," kata Airlangga dalam keterangan tertulis, Jumat (18/6/2021).

Dalam kegiatan tatap muka Temu Alumni Kartu Prakerja yang berlangsung di Surakarta, ia menyampaikan program Kartu Prakerja telah berhasil memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah pandemi.

Menurutnya, meski pada awalnya program ini tidak dirancang untuk masa pandemi, akan tetapi akhirnya program ini menjadi sangat penting di era pandemi. Sebab, program Kartu Prakerja dapat mendorong perluasan literasi digital masyarakat.

"Tingginya animo masyarakat yang diikuti kepuasan masyarakat terhadap program Kartu Prakerja bahkan setelah dilaksanakan sebanyak 17 gelombang membuktikan bahwa program ini sesuai dengan minat dan kebutuhan masyarakat saat ini," ujarnya.

Ia pun mengatakan program Kartu Prakerja ikut mendorong akselerasi inklusi keuangan. Adapun akselerasi ini tampak dari adanya platform mitra pembayaran yang membuka akses kepada penerima Kartu Prakerja yang sebelumnya tidak memiliki rekening bank.

"Program Kartu Prakerja ini sejalan dengan program pemerintah untuk mendorong digitalisasi dan inklusi keuangan yang sangat dibutuhkan pada era 4.0 saat ini," tegas Airlangga.

Airlangga mengungkap program Kartu Prakerja dimulai lagi dengan dibukanya pendaftaran gelombang ke-17 pada Sabtu (5/6). Selain itu, Airlangga berharap Program Kartu Prakerja bisa terus berjalan, bahkan setelah pandemi berakhir nanti.

"Sesuai dengan tujuan awalnya sebagai program pengembangan SDM Indonesia, pemerintah berkomitmen untuk terus melanjutkan dan mengevaluasi Program Kartu Prakerja untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam skilling, upskilling, dan reskilling," katanya.

Peserta program Kartu Prakerja curhat ke Menko Airlangga, salah satunya driver online.Apa isi curhatnya? Langsung klik halaman berikutnya.