Biar Ekonomi Moncer, Pengusaha Asing Jangan Alergi dengan Lokal

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 19 Jun 2021 18:22 WIB
Ilustrasi Subsidi Bunga
Ilustrasi/Foto: shutterstock
Jakarta -

Kolaborasi antara pengusaha asing dengan pengusaha dalam negeri membawa dampak positif bagi bisnis pengusaha lokal. Hal ini sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Ketua Bidang Kemaritiman, Pertanian, Kehutanan & Lingkungan Hidup Pertanian BPP HIPMI, Robert Muda Hartawan menilai kemitraan yang dengan perusahaan asing dapat membantu permodalan bagi perusahaan yang kekurangan dana, meningkatkan hasil produksi, bahkan meningkatkan daya saing Indonesia di pasar global.

"Masuknya perusahaan asing sebagai mitra perusahaan lokal sebetulnya banyak mendatangkan keuntungan seperti bantuan pendanaan bagi sektor usaha yang kekurangan modal, pemanfaatan teknologi baru untuk meningkatkan hasil produksi, meningkatkan daya saing pasar dan bahkan meningkatkan industri ekspor," tuturnya, Sabtu (19/6/2021).

Namun dalam pelaksanaan di lapangan masih kerap ditemukan permasalahan terkait perjanjian kerja sama, mekanisme permodalan, kesepakatan jual-beli saham, dan lain sebagainya.

"Iklim investasi seperti ini harus terus diciptakan secara positif agar bisa lahirkan lapangan pekerjaan dan mendorong perekonomian nasional," tambahnya.

Kendati demikian dirinya mengaku banyak menemukan kasus yang terjadi dalam pelaksanaan kemitraan tersebut sehingga mengakibatkan aktivitas bisnis menjadi tidak lancar.

Selanjutnya
Halaman
1 2