Transaksi Cashless Makin Disukai, Ini Keuntungan yang Jarang Disadari

Angga Laraspati - detikFinance
Jumat, 02 Jul 2021 12:21 WIB
ilustrasi cashless
Foto: shutterstock
Jakarta -

Tren pembayaran secara digital terus berkembang dan semakin digemari. Apalagi, kian hari pilihan pembayaran digital yang beredar di Indonesia semakin beragam mulai dari e-money hingga e-wallet. Data Bank Indonesia (BI), transaksi uang elektronik di tahun 2019 tumbuh 230,25% dibandingkan tahun sebelumnya (YoY).

Transaksi cashless ini menjadi salah satu strategi nasional inklusi keuangan yang dicanangkan oleh pemerintah. Dengan transaksi cashless ini diharapkan masyarakat berpenghasilan rendah mampu untuk mengakses ke instrumen pembayaran.

Lalu apa sih keuntungan dari tren pembayaran digital ini? Tentunya banyak sekali keuntungannya. Keuntungan tersebut bisa didapatkan baik dari segi kepraktisan, keamanan, hingga perencanaan ekonomi yang lebih kuat.

Nah, berikut ini adalah beberapa keuntungan bertransaksi secara cashless yang dilansir dari beberapa sumber.

Tingkat Kejahatan Lebih Rendah

Membawa uang tunai membuat siapapun jadi sasaran empuk para penjahat. Sebab, ketika uang diambil, maka uang tersebut akan sulit dilacak. Satu studi oleh peneliti Amerika dan Jerman menemukan kejahatan di Missouri turun 9,8% karena negara mengganti tunjangan kesejahteraan tunai dengan kartu EBT.

Transaksi Lebih Cepat

Membayar barang dengan tunai tentunya sangat memakan waktu dan membuat antrian terasa lebih lama. Sebab, ketika seseorang membayar dengan menggunakan tunai maka kasir harus menghitung kembalian yang membutuhkan waktu lama.

Karenanya penggunaan pembayaran secara cashless bisa menjadi solusi untuk transaksi yang lebih cepat. Hanya tinggal memasukan jumlah yang sama dengan jumlah yang dibayarkan, kemudian transaksi dapat selesai dengan mudah, nyaman dan cepat.

Mengurangi Uang Receh

Kasir jarang sekali memiliki uang kembalian yang pas, sehingga sering kali mereka memberikan koin-koin kecil yang sulit untuk disimpan dan dibelanjakan. Padahal uang-uang tersebut bila disimpan dapat dibelanjakan sesuatu, tetapi orang sepertinya terlalu malas untuk menyimpannya.

Untuk itu, penggunaan cashless payment dapat berguna meminimalisir uang-uang receh yang sulit untuk disimpan. Sebab, transaksi secara cashless perlu memasukan jumlah dibayarkan yang tepat. Hal ini juga yang membuat transaksi cashless jadi tanpa ribet memikirkan kembalian.

Promo dan Diskon

Salah satu yang paling dicintai oleh masyarakat adalah promo dan diskon. Ini juga keuntungan yang bisa didapatkan ketika menggunakan pembayaran secara cashless. Beberapa di antara dari dompet digital atau metode cashless lainnya, kerap memberikan penawaran promo dan juga diskon.

Tentu, ini menjadi kabar baik bagi yang suka berbelanja atau pergi kuliner menggunakan cashless payment. Sebab, bisa saja mendapatkan promo-promo ketika melakukan transaksi tersebut karena menggunakan metode pembayaran cashless.

Sebenarnya ada banyak sekali beberapa metode pembayaran cashless yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan menggunakan DANA. Layanan e-wallet dari DANA bisa diakses melalui smartphone Anda dan dapat mengakomodir berbagai kebutuhan transaksi dengan mudah, bebas ribet, juga bebas drama.

(ega/ara)