Pengusaha 'Angkat Senjata' Perang Lawan COVID-19, Ini Jurusnya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 07 Jul 2021 18:34 WIB
Wakil Ketua Umum Kadin resmi mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Kamr Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia periode 2021-2026.
Foto: Dok. KADIN
Jakarta -

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid bicara soal lonjakan kasus COVID-19. Ia mengatakan bahwa upaya menanggulangi pandemi COVID-19 dan ekonomi dianggap sebagai perang

"Ini saya bicara perang, saya ingin ini serius. Saya mengatakan bahwa ini perang melawan pandemi, perang melawan keadaan ekonomi dunia pada saat ini," ujar Arsjad Rasjid di acara webinar Kajian Tengah Tahun Indef 2021, Rabu, (7/7/2021).

Ia mengingatkan, Indonesia saat ini menghadapi dua perang sekaligus. Satu adalah perang di bidang kesehatan melawan COVID-19, satu lagi perang melawan keadaan ekonomi saat ini yang disebabkan oleh pandemi COVID-19. Ia mengatakan dua perang tersebut sama pentingnya dan keduanya harus dimenangkan.

"Kita harus memenangkan perang melawan pandemi, kita harus memenangkan perang melawan keadaan ekonomi saat ini," tegas Arsjad Rasjid.

Ia mengajak semua pihak untuk melihat pandemi COVID-19 dan permasalahan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi sebagai musuh bersama. Untuk menghadapi musuh bersama, dibutuhkan persatuan dari semua pihak, sehingga energi bangsa bisa difokuskan untuk memenangkan perang.

Terkait perang di bidang kesehatan, Kadin Indonesia masih terus melanjutkan program vaksinasi Gotong Royong. Melalui program tersebut, Kadin Indonesia membantu pemerintah mengejar target vaksinasi nasional tanpa membebani APBN. Namun demikian, program tersebut tidak sepenuhnya sempurna.

"Intinya vaksinasi Gotong Royong ini kita terus lanjutkan, kita terus dorong. Namun memang harus banyak improvement yang lebih baik lagi karena ada ekspektasi bagaimana kontribusi kita," ujar Arsjad Rasjid.

Kadin turun tangan atasi kelangkaan tabung oksigen. Cek halaman berikutnya.