Heboh Berlian Raksasa 1.174 Karat Ditemukan, Terbesar Ketiga di Dunia

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 09 Jul 2021 09:38 WIB
Berlian langka yang ditemukan di Botswana bisa menjadi terbesar ketiga di dunia
Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Batu berlian 1.174 karat ditemukan di Botswana. Perusahaan pertambangan mengumumkan bahwa batu berlian itu mengalahkan batu berharga besar lainnya yang ditemukan di negara itu bulan lalu.

"Ini adalah sejarah, bagi kami dan Botswana juga. Dalam hal ukuran batu besar, itu sebenarnya duduk sebagai nomor tiga dalam hierarki," kata Direktur Pelaksana Perusahaan, Naseem Lahri dikutip dari AFP, Jumat (9/7/2021).

Bulan lalu, perusahaan berlian Botswana, Debswana Diamond juga telah menemukan batu berlian 1.098 karat pada 1 Juni. Hal itu menjadikan Botswana sebagai pemimpin di panggung dunia sebagai produsen berlian.

Berlian terbesar yang pernah ditemukan di dunia adalah Cullinan 3.106 karat, ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1905. Bagian dari berlian itu menghiasi permata mahkota Inggris.

Botswana, produsen berlian terkemuka di Afrika memiliki banyak pembeli berlian dari segala penjuru dunia, seperti Mumbai dan Antwerpen juga pedagang dari China.

Debswana yang memiliki kemitraan 50/50 antara Botswana dan De Beers memberi negara itu sekitar dua pertiga dari devisanya dan menyumbang seperlima dari PDB.

Pada tahun 2021, Debswana berencana untuk meningkatkan produksi sebanyak 38% ke tingkat pra-pandemi sebesar 23 juta karat karena pasar berlian global pulih.

(aid/fdl)