Duh! 7,4 Juta Keluarga Masih Belum Dapat Bansos Rp 600 Ribu

Siti Fatimah - detikFinance
Senin, 19 Jul 2021 16:56 WIB
Rincian Bantuan PPKM Darurat dari Uang Tunai hingga Sembako
Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

PT Pos Indonesia (Persero) melaporkan bahwa bantuan sosial tunai (BST) dari program Kementerian Sosial (Kemensos) sudah tersalurkan kepada 2,6 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Angka tersebut menunjukkan di mana yang terealisasi baru 26% dari total 10 juta KPM.

"BST yang telah siap dibayarkan adalah bagi 2,635,630 KPM. Sedangkan total penerima BST di seluruh Indonesia sebanyak 10 juta KPM yang terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)," kata Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal R Djoemadi dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Senin (19/7/2021).

Lebih lanjut, bantuan yang diberikan sebesar Rp 300 ribu per bulan itu disalurkan dalam dua periode sekaligus yaitu Mei dan Juni 2021. Artinya, masing-masing penerima akan mendapatkan Rp 600 ribu di bulan Juli 2021.

Selain bantuan BST, masih ada bantuan sosial lain yang diwacanakan pemerintah seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Manajer Public Relations PT Pos Indonesia, Bismo Ariobowo menambahkan, data 2,6 juta KPM tersebut diberikan secara bertahap oleh Kemensos.

Sampai saat ini, Kemensos sendiri belum memiliki target khusus kapan PT Pos Indonesia harus penyaluran BST kepada 10 juta KPM tersebut bisa tersalurkan 100%.

"Sejauh ini Kemensos belum memberikan target khusus, karena kondisi PPKM ini membuat kami harus mengubah pola penyerahan dengan memperbanyak door to door (dari rumah ke rumah)," jelas Bismo dikutip dari CNBC.

Seperti diketahui, pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp 17,46 triliun untuk menyalurkan BST. Penerima BST dapat mengecek penerimaan bantuan melalui laman DTKS atau di laman https:/cekbansos.kemensos.go.id.

Berikut cara cepat mengecek penerimaan bansos melalui website:

- Buka situs https://cekbansos.kemensos.go.id.
- Masukkan data provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan.
- Masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP.
- Ketik 8 huruf kode captcha (dipisahkan spasi) sesuai dengan kotak yang tertera.
- Jika huruf yang muncul kurang jelas, klik icon refresh untuk mendapatkan kode huruf baru.
- Kemudian, klik tombol "Cari Data"

(eds/eds)