Kesalnya Wamenkeu Anggaran Corona Dikorupsi: Hantam, Kumpulin APBN Susah!

Trio Hamdani - detikFinance
Sabtu, 31 Jul 2021 17:00 WIB
Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam acara Market Outlook 2020 Mandiri Privete
Kesalnya Wamenkeu Anggaran Corona Dikorupsi: Hantam, Kumpulin APBN Susah!
Jakarta -

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara menyatakan bahwa Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kesal jika anggaran yang mereka gelontorkan, termasuk untuk penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional, dikorupsi.

"Ada yang dikorupsi Pak? hantam itu, hajar itu yang korupsi itu. Tanggung jawab kita semua, Ibu Bapak sekalian, kalau kita dengar ada uang APBN itu dikorupsi kita itu sebel banget Kementerian Keuangan itu," kata dia dalam webinar, Sabtu (31/7/2021).

Dia menjelaskan bahwa institusi bendahara negara itu sudah susah payah mengumpulkan penerimaan, mulai dari pemungutan pajak dan lain sebagainya.

"Nyarinya susah, mengumpulkan pajak, mengumpulkan bea keluar, mengumpulkan penerimaan bukan pajak terus kemudian ada yang main-main pakai duitnya. Tentu kita serahkan kepada aparat penegak hukum," paparnya.

Suahasil menegaskan bahwa anggaran yang digelontorkan pemerintah untuk kemaslahatan umat berasal dari uang rakyat.

"Nggak boleh dikorupsi. Duit yang dipakai untuk penanganan COVID itu duit siapa sebenarnya? itu duit kita semua. Kalau Anda bayar pajak itu duit Anda berarti. Duit kita semua itu. Kalau teman-teman sudah kerja lalu kemudian membayar pajak, memiliki penghasilan dan bayar pajak penghasilan, duit itulah yang kita pakai untuk menangani COVID," jelasnya.

"Kalau nggak cukup kita utang. Duit utang yang dipakai untuk menangani COVID ini, menangani perekonomian ini," tambah Suahasil.

(toy/fdl)