RI Lama Keluar dari Krisis, Bisa Jadi Negara Maju Sebelum 2045?

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 04 Agu 2021 13:34 WIB
Pemulihan ekonomi nasional di tahun 2021 masih memiliki tantangan besar. COVID-19 masih menjadi faktor ketidakpastian alias hantu pemulihan ekonomi.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) menyebut pandemi COVID-19 membuat capaian untuk mengurangi kemiskinan di Indonesia semakin terhambat. Justru yang ada saat ini ketimpangan semakin meningkat.

Deputi Bidang Ekonomi Bappenas, Amalia Adininggar mengatakan butuh waktu hingga 10 tahun untuk Indonesia keluar ke masa sebelum krisis. Hal itu melihat dari pengalaman yang sudah terjadi saat krisis ekonomi 1998.

"Ada 4,6 juta orang kembali ke sektor pertanian saat krisis dan kalau kita belajar dari krisis yang lalu 4,6 juta orang yang masuk ke sektor pertanian saat krisis ekonomi 98 ini ternyata membutuhkan waktu 10 tahun setelah krisis Asia untuk kembali ke tingkat sebelum krisis," katanya dalam Webinar Publik 'CSIS dan Transformasi Ekonomi Menuju Indonesia 2045', Rabu (4/8/2021).

"Belajar dari pengalaman krisis Indonesia 98, ternyata trajectory Indonesia untuk mengembalikan tingkat sebelum krisis butuh waktu yang sangat lama," tambahnya.

Amalia menyebut butuh sesuatu yang fundamental agar bisa keluar dari dampak COVID-19. Jika tidak, maka Indonesia diperkirakan akan mengeluarkan biaya permanen untuk mengatasi pandemi ini.

"Inilah dampak permanen yang kemungkinan kita bisa juga alami setelah COVID-19 ini jika kita tidak melakukan perubahan yang fundamental," tuturnya.

Lantas, dengan kondisi seperti ini masih bisakah Indonesia jadi negara maju sebelum 2045?

Amalia menyebut langkah Indonesia menjadi negara maju sebelum 2045 bakalan kian terjal. Sebab, visi tersebut disusun sebelum ada COVID-19.

"Dokumen ini disusun sebelum Indonesia menghadapi pandemi COVID-19, di mana waktu itu kita bercita-cita kalau pertumbuhan ekonomi 5,7% rata-rata antara 2015 sampai 2045, maka Indonesia bisa keluar dari middle income trap kira-kira di tahun 2036 sampai 2038," tuturnya.

Simak video 'Menkeu: Sangat Sulit Pulihkan Ekonomi Sebelum Credit Growth Juga Pulih':

[Gambas:Video 20detik]



Terancam disalip Filipina dan Thailand di halaman berikutnya.