Pertumbuhan Ekonomi Diumumkan Siang Ini, Bisa Tembus Target 7%?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 05 Agu 2021 09:58 WIB
Kondisi Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu (04/08/2021), semakin sepi penumpang. Sepinya penumpang yang datang, imbas dari perpanjangan pemberlakuan PPkM Level 4 oleh pemerintah.
Foto: Rengga Sancaya

Konsumsi pemerintah diperkirakan cenderung tumbuh sekitar 2,96% yoy sejalan dengan belanja pemerintah pada April - Juni 2021 yang tercatat 5% yoy dari kuartal sebelumnya yang tercatat 15,6%yoy.

Sementara itu, net ekspor juga diperkirakan tumbuh sekitar 36,4% yoy dari kuartal sebelumnya yang tercatat 15,9% yoy. Peningkatan net ekspor ditopang oleh solidnya kinerja ekspor sepanjang kuartal II 2021 meskipun impor juga menunjukkan peningkatan sejalan dengan pemulihan permintaan domestik.

Secara umum, pertumbuhan ekonomi kuartal II 2021 yang diperkirakan sekitar 6,37% dipengaruhi oleh low base effect pada kuartal II-2020 yang dipengaruhi oleh penurunan aktivitas ekonomi di awal masa pandemi COVID-19.

Selain itu, percepatan penyaluran bansos pada kuartal II 2021 yang dipengaruhi juga oleh faktor musiman lebaran juga mendukung pemulihan konsumsi rumah tangga. Lebih lanjut, perekonomian kuartal III 2021 diperkirakan akan terpengaruh oleh dampak pemberlakuan PPKM darurat yang diikuti oleh pemberlakuan PPKM Level 4.

"Sedemikian sehingga, pertumbuhan ekonomi kuartal III-2021 diperkirakan berkisar cenderung melambat namun perekonomian pada kuartal IV-2021 diperkirakan akan kembali pulih dan meningkat. Jadi secara keseluruhan, pertumbuhan tahun 2021 diperkirakan berada di kisaran 3-3,5%," ujarnya.

Ekonom Bank Mandiri Faisal Rachman memperkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal II ini berada di kisaran 6,9% secara yoy atau 3,2% quarter to quarter.

"Ini menandai pertumbuhan tahunan yang positif sejak pandemI COVID-19," jelas dia.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi seperti dari sisi eksternal ada percepatan pemulihan ekonomi global yang dipimpin oleh AS dan China yang mendorong ekspor.

Kemudian dari sisi domestik, berbagai upaya yang dilakukan pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi seperti percepatan vaksin, insentif pajak, stimulus fiskal, kebijakan moneter yang akomodatif akan mempengaruhi pertumbuhan.

Lanjut ke halaman berikutnya



Simak Video "Erick Thohir Prediksi Akhir Tahun 2021 Ekonomi RI Tumbuh 4-5%"
[Gambas:Video 20detik]