Messi Kantongi Gaji Rp 2,4 T per Tahun di Barca, Berapa Hartanya?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 06 Agu 2021 11:35 WIB
Lionel Messi resmi berpisah dengan FC Barcelona. Keputusan ini sekaligus mengakhiri karier profesional Messi di Barcelona sejak musim 2004-05.
Messi Kantongi Gaji Rp 2,4 T per Tahun di Barca, Berapa Hartanya?
Jakarta -

Nama Lionel Messi sedang jadi perbincangan. Pesepakbola asal Argentina ini resmi akan meninggalkan klub Barcelona. Perjalanan karier gemilangnya bersama Blaugrana kini tinggal sejarah.

Messi menghabiskan 17 tahun di tim senior Barcelona, secara statistik dia menyumbang 672 gol dan 35 trofi. Di antaranya 10 titel LaLiga, 7 Copa del Rey, 8 Piala Super Spanyol, empat gelar Liga Champions, tiga Piala Super Eropa, dan tiga Piala Dunia Antarklub.

Atas performanya yang gemilang di Barca, Messi pun mendapat ganjaran kekayaan yang melimpah. Dilansir dari Celebrity Net Worth, Jumat (6/8/2021) diperkirakan Messi memiliki harta mencapai US$ 600 juta atau sekitar Rp 8,5 triliun.

Lionel Messi memperoleh sebagian besar kekayaan bersihnya sebagai pemain andalan untuk Barcelona. Dirinya pun menjelma sebagai pemain sepak bola dengan bayaran tertinggi di dunia.

Khususnya setelah Messi meneken kontrak terakhirnya bersama Barcelona di medio 2017 silam. Kabarnya, Barcelona memberi Messi gaji tahunan rata-rata US$ 168 juta atau sekitar Rp 2,4 triliun.

Itu baru dari gajinya saja di Barcelona. Messi juga diperkirakan bisa menghasilkan setidaknya US$ 40 juta per tahun dari iklan dan endorsement, bila dirupiahkan jumlahnya sekitar Rp 572 miliar.

Kini di penghujung kontraknya itu, Messi dan Barcelona sepakat berpisah. Niat klub mempertahankan pemain terbaiknya terganjal regulasi soal pembatasan gaji pemain pada kompetisi sepak bola tertinggi Spanyol, La Liga.

"Meskipun FC Barcelona dan Lionel Messi telah mencapai kesepakatan dan niat yang jelas dari kedua belah pihak untuk menandatangani kontrak baru pada hari ini, hal itu tidak dapat terjadi karena hambatan finansial dan struktural (regulasi Liga Spanyol)," bunyi pernyataan di situs resmi Barca.

Simak video 'Lionel Messi Pisah Jalan dengan Barcelona':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/fdl)