PPKM Berakhir Hari Ini, Bakal Diperpanjang Lagi?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 09 Agu 2021 11:45 WIB
Mobilitas kendaraan di wilayah DKI Jakarta sejak awal pekan ini kembali meningkat, berbarengan dengan minggu kedua PPKM level 4. Begini penampakannya.
Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Penerapan PPKM Level 3-4 akan berakhir segera berakhir hari. Meski demikian sejumlah orang masih mempertanyakan apakah PPKM diperpanjang lagi?

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan perpanjangan PPKM level 4 untuk yang ke sekian kalinya pada Senin (2/8/2021). Lalu apakah sudah waktunya kegiatan ekonomi dilonggarkan setelah PPKM berakhir hari ini? Atau malah perlu diperpanjang lagi kebijakan tersebut?

Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Mohammad Faisal berpendapat bahwa kegiatan ekonomi sangat berpengaruh pada tingkat penyebaran COVID-19. Setelah PPKM darurat dan PPKM level ini, dia melihat sudah ada penurunan kasus namun jumlahnya masih tinggi daripada gelombang satu.

"Jadi kalau dilonggarkan sebenarnya berisiko pandeminya bisa meningkat lagi (third wave), dan itu akan berpotensi akan membahayakan pemulihan ekonomi ke depan. Apalagi program vaksinasi masih berjalan lambat," kata Faisal kepada detikcom, Sabtu (7/8/2021).

Dia menilai, PPKM level ini ada baiknya diperpanjang dengan pertimbangan kondisi pandemi COVID-19. Namun tidak dapat dipungkiri, dampak buruk akan terjadi bagi sektor ekonomi terutama bagi masyarakat bawah yang mengalami penurunan pendapatan, peningkatan pengangguran, dan kemiskinan.

"Kalau melihat kondisi pandemi sampai dengan hari ini sebaiknya memang diteruskan, dalam jangka pendek memang akan berdampak buruk bagi ekonomi, masyarakat dan pelaku usaha, tapi dalam jangka panjang lebih baik untuk perekonomian, supaya pemulihan ekonominya lebih pasti dan berkelanjutan," ujarnya.

Sedangkan di sisi lain, terkait permasalahan apakah perlu PPKM diperpanjang lagi? Director Political Economy & Policy Studies (PEPS), Anthony Budiawan juga mengatakan penerapan PPKM harus diperketat. Dengan catatan, bantuan keuangan dari pemerintah bagi masyarakat harus dilanjutkan.

"Kalau masyarakat tidak dibantu keuangannya pada saat PPKM, PPKM sulit dilanjutkan. Pasti akan terjadi bentrokan terus antara petugas dengan yang mau cari nafkah, berikan bantuan biaya hidup kepada masyarakat yang perlu dan terkena dampak.

Kalau pertimbangannya kesehatan, tingkat penularan (positivity rate) masih tinggi sehingga PPKM seharusnya lebih diketatkan," jelasnya.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Simak Video: Positivity Rate Tinggi, Epidemiolog Anjurkan PPKM Dilanjutkan

[Gambas:Video 20detik]