Viral Lamar Kerja 'Seadanya' di Twitter, Simak Caranya yang Benar di Sini!

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 14 Agu 2021 17:00 WIB
wawancara kerja
Ilustrasi/Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Viral di media sosial Twitter seseorang yang ingin melamar pekerjaan melalui email tetapi tidak melampirkan curriculum vitae (CV). Pelamar hanya menuliskan ingin melamar pekerjaan di body email.

Chairman Asosiasi Praktisi dan Profesional SDM Future HR, Audi Lumbantoruan menjelaskan saat ini ada yang tidak mengetahui cara melamar kerja. Selain itu, juga membuktikan kalau cara melamar kerja, membuat CV, hingga resume itu penting.

"Artinya itu belum berpengalaman untuk kirim CV, saya ingin bilang bawah kelihatanlah ya banyak yang perlu tahu membuat CV yang baik, bikin resume yang baik gimana. Sebenarnya ini nggak diajarin di sekolah atau di universitas mana ada belajar cara melamar atau mencari kerja," kata dia kepada detikcom, Sabtu (14/8/2021).

Menurutnya, cara melamar pekerjaan, membuat CV, hingga resume itu bisa dilatih dengan belajar. Lantas bagaimana sih cara melamar kerja yang benar, membuat CV, dan lamaran kerja agar dilirik HRD perusahaan?

Audi menjelaskan sebaiknya sebelum melamar pekerjaan, persiapkan lebih dulu mulai dari CV, resume, hingga covering letter atau surat pengantar lamaran pekerjaan. Menurutnya hal itu bisa dicari dan dipelajari melalui internet.

"Kalau sekarang kan di zaman yang canggih ini di internet banyak contoh membuat resume atau kalau dulu kan kop surat kalo sekarang kan covering letter atau covering email," ujarnya.

Kemudian, dalam membuat CV harus jujur, isinya disarankan padat tetapi tidak bertele-tele. Selain itu, di dalam CV tonjolkan elemen-elemen hingga minat sesuai dengan lamaran yang dituju.

"Kondisi kedua sering sekali CV seragam semua, Jadi kalau, misalnya mau melamar ini berarti yang mau diangkat ininya. Karena di ujungnya kan ini kita menjual diri kita. Kenapa saya harus ditunjuk atau harus dipilih perusahaan, nantinya kan begitu," ujarnya.

Ada hal lain yang harus dicantumkan di CV kalian. Cek di halaman berikutnya.