Work Hard Vs Work Smart, Mana Lebih Baik buat Dorong Produktivitas?

Jihaan Khoirunnisaa - detikFinance
Selasa, 17 Agu 2021 08:30 WIB
Ilustrasi kerja
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Anda pasti sering mendengar ungkapan 'work smart, not work hard'. Banyak perdebatan di antaranya keduanya.

Ada yang bilang kerja pintar lebih baik dari kerja keras. Namun, ada juga yang beranggapan sebaliknya karena menilai kerja keras tidak pernah membohongi hasil. Hal ini pastinya bikin Anda bingung bingung bukan? Sebenarnya mana yang lebih penting untuk mendorong produktivitas kerja?

Mengutip dari Talentvis, bekerja keras akan membuahkan hasil. Namun, apabila kerja keras ini dibarengi dengan kerja cerdas maka akan membawa hasil yang lebih baik.

Work Hard Berarti Bekerja Tanpa Batas Waktu

Dengan bekerja keras artinya Anda memiliki mental kuat dan gigih dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Namun tidak jarang kegigihan tersebut bikin Anda jadi lupa waktu sehingga bekerja melewati batas normal.

Anda bekerja seharian tanpa istirahat yang cukup. Bahkan tak ada waktu untuk sekadar beristirahat atau pergi liburan. Akibatnya Anda jadi rentan mengalami stres.

Kerja Cerdas Punya Manajemen Waktu yang Baik

Beda dengan kerja keras, orang yang bekerja dengan cerdas umumnya dapat mengatur waktu dengan lebih baik. Anda akan membuat daftar prioritas agar bisa mengatur ulang pekerjaan mana yang harus segera diselesaikan, serta mana yang memakan waktu lebih lama.

Dengan begitu Anda bisa memiliki waktu luang untuk melakukan hal lain di luar pekerjaan, seperti berolahraga atau menekuni hobi lainnya.

Bekerja Keras Cenderung Tidak Efektif

Bagi Anda yang memegang teguh prinsip 'work hard' biasanya hanya fokus pada pekerjaan. Namun, mengesampingkan pentingnya strategi yang baik agar performa lebih optimal. Hal ini tentu menjadikan pekerjaan tidak efektif.

Alhasil, pekerjaan yang dilakukan cenderung monoton, tanpa menunjukkan performa yang sesuai dengan harapan.

Work Smart, Bekerja Efektif untuk Hasil Maksimal

Jika Anda memilih untuk bekerja dengan cerdas, tentunya Anda akan membuat sistem kerja secara teratur. Sehingga hasil yang didapat juga lebih baik dan lebih memuaskan. Anda juga tidak segan memanfaatkan kehadiran teknologi untuk mempermudah pekerjaan, memaksimalkan kinerja, dan tentunya menghemat banyak waktu.

Salah satunya dengan menggunakan perangkat mumpuni untuk mendukung Anda dalam bekerja pintar, seperti Samsung Galaxy Z Fold3.

Ponsel ini menawarkan produktivitas kerja dengan kemampuan multitasking tingkat lanjut, karena dilengkapi dengan fitur S Pen. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan banyak pekerjaan dengan lebih mudah, mulai dari menulis catatan ketika meeting hingga memeriksa to-do list saat membaca email.

Samsung Galaxy Z Fold3Samsung Galaxy Z Fold3 Foto: Dok. Samsung

Ditambah dengan kehadiran fitur S Pen to text, pengguna bisa menyempurnakan tulisannya hanya dengan melakukan gerakan-gerakan sederhana saat harus melakukan catatan dalam waktu yang sangat cepat.

S Pen untuk Galaxy Z Fold3 hadir dalam dua varian, yaitu S Pen Fold Edition dan S Pen Pro untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Keduanya telah dibekali dengan Pro tip yang lebih lembut dan force limit technology untuk melindungi layar dari tekanan berlebih serta latensi yang begitu rendah.

Samsung Galaxy Z Fold3 memiliki 2 pilihan warna, yaitu Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver, yang bisa kamu dapatkan secara pre-order dengan harga mulai dari Rp 24.999.000.

Smartphone ini akan diluncurkan pada 27 Agustus mendatang di sejumlah kawasan, seperti Amerika Serikat, Eropa, dan Korea Selatan. Setiap pre-order yang dilakukan untuk Samsung Galaxy Z Fold3, pengguna akan mendapatkan perlindungan Samsung Care+22, layanan perbaikan premium dari Samsung, selama setahun.

Klik di sini untuk mengetahui informasi lebih lanjut.



Simak Video "5 Alasan Galaxy Z Fold3 Patut Kamu Lirik!"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)