Subsidi Gaji Sudah Masuk Rekening, Ini Cara Cek Lewat Aplikasi-Website

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 07 Sep 2021 12:48 WIB
Ilustrasi THR
Foto: shutterstock
Jakarta -

Penyaluran subsidi gaji 1 juta alias BSU telah mencapai tahap III. Dengan demikian secara keseluruhan penerima bantuan subsidi upah/gaji tersebut kini telah mencapai 3.251.563 orang pekerja/buruh.

Jumlah atau angka tersebut merupakan 37,4% dari total target penerima BSU sebanyak 8,7 juta orang. Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menjelaskan rincian penyaluran BSU ini dimana tahap I tersalurkan kepada 947.436 penerima, tahap II tersalurkan kepada 1.145.598 penerima, dan tahap III tersalurkan kepada 1.158.529 penerima.

Penyaluran subsidi gaji 1 juta tahap I dan tahap II ditransfer langsung kepada pekerja/buruh penerima BSU yang telah memiliki rekening di salah satu bank BUMN atau Himbara, yakni BRI, BNI, Mandiri dan BTN.

Sedangkan penyaluran tahap III dilakukan melalui skema pembukaan rekening kolektif (burekol) bagi para pekerja penerima subsidi gaji yang belum memiliki rekening di salah satu bank Himbara.

"Alhamdulillah, penyaluran BSU di tahap ketiga melalui skema burekol sudah berjalan. Kemarin di Semarang, saya sempat meninjau pelaksanaan burekol ini di mana pihak bank Himbara jemput bola ke perusahaan-perusahaan yang memang pekerja/buruh penerima BSU-nya belum memiliki rekening Bank Himbara. Upaya ini dilakukan dalam rangka menjaga protokol kesehatan, agar tidak terjadi kerumunan, dan mempermudah proses aktivtasi rekening burekol," kata Ida melalui keterangan tertulis, Selasa (7/9/2021).

Untuk menghindari terjadinya duplikasi penerima manfaat program BSU 2021 dengan program bantuan sosial lainnya, dia menjelaskan maka sesuai dengan Permenaker 16 tahun 2021 penerima BSU diprioritaskan bagi pekerja yang belum menerima manfaat program Kartu Prakerja, Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Lalu bagaimana cara pekerja mengetahui apakah mereka masuk sebagai penerima manfaat atau tidak?

Nah, untuk mengecek apakah terdaftar sebagai peserta, kamu tidak perlu datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. Kamu bisa mengecek nama penerima subsidi gaji/ BSU ini melalui cara-cara yang tercantum di BPJS Ketenagakerjaan sebagai berikut:

1. Lewat Aplikasi BPJSTKU

Kamu bisa mengunduh atau download aplikasi BPJSTKU untuk mengecek status kepesertaan di BPJS Ketenagakerjaan. BPJSTKU merupakan layanan untuk peserta khusus tenaga kerja untuk memperoleh informasi saldo JHT dan rincian saldo JHT tahunan. Tersedia juga informasi profil peserta, simulasi saldo JHT dan formulir pengajuan klaim online.

Aplikasi BPJSTKU tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Untuk cara pendaftaran, dibedakan menjadi dua, yakni pendaftaran peserta baru BPJS Ketenagakerjaan (Penerima Upah, Bukan Penerima Upah, Pekerja Migran Indonesia) dan pendaftaran pengguna baru aplikasi BPJSTKU.

Caranya mudah. Kalau sudah pernah mendaftar tinggal masukkan alamat email dan kata sandi yang telah dibuat pada proses sebelumnya. Bagi pendaftar baru harus membuat akun terlebih dahulu. Masukkan alamat email dan kata sandi, lalu memilih penerima upah, bukan penerima upah, atau pekerja migran Indonesia.

Kemudian masukkan nama lengkap sesuai dengan data di KTP elektronik kamu. Masukkan juga tanggal lahir, serta nomor identitas. Masukkan nomor KJP atau Nomor Kepesertaan yang tertera di kartu BPJS Ketenagakerjaan. Setelah itu masukkan nomor ponsel aktif untuk keperluan aktivasi melalui ponsel. Terakhir, masukkan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS.

Setelah itu login berhasil dan kamu bisa melihat keanggotaan aktif kamu apakah benar terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan yang artinya kamu benar sebagai penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan.

2. Melalui Website

Selain lewat aplikasi dan SMS, pengecekan juga dapat dilakukan dengan mengakses link https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah dalam beberapa kesempatan memastikan, uang BLT BPJS Ketenagakerjaan itu langsung ditransfer ke rekening pribadi pekerja. Dalam Instagram resmi BPJS Ketenagakerjaan disebutkan, saat ini pihaknya dalam proses mengumpulkan data nomor rekening peserta yang memenuhi kriteria melalui kantor cabang di seluruh Indonesia.

Selamat mencoba mengecek nama kamu terdaftar sebagai penerima subsidi gaji 1 juta/BLT BPJS Ketenagakerjaan ini!

(ara/ara)