Sektor KA Tak Cuma buat Laki-laki, Perempuan Juga Bisa Unjuk Gigi

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 15 Sep 2021 20:30 WIB
Syarat Naik KRL Selama PPKM Level 3-4 Diperpanjang, Sudah Tahu?
Ilustrasi/Foto: Andhika Prasetia
Jakarta -

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus mendorong para taruni pada perguruan tinggi di bawah pembinaan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) untuk berperan di bidang transportasi.

Ibu Asuh Taruna-Taruni dan penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenhub, Endang Budi Karya Sumadi mengatakan peran perempuan dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas transportasi.

"Perempuan harus terus berkarya semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas transportasi, khususnya perkeretaapian dengan ikut berkontribusi sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Terlebih lagi, saat ini perempuan sudah diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk mengembangkan diri dan bekerja pada bidang pekerjaan yang sebelumnya hanya dikerjakan oleh laki-laki. Karenanya, seluruh Taruni BPSDMP, khususnya PPI Madiun harus bisa berperan di bidang transportasi," kata Endang dalam keterangannya, Rabu (15/9/2021).

Para taruni diminta memegang teguh prinsip bahwa kesetaraan gender merupakan hak asasi, yang bebas dari ketakutan dan menentukan pilihan hidup termasuk dalam hal berkarier.

Perempuan berhak mengembangkan kemampuan pribadi, mengejar karier yang tinggi, dan berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pekerjaan tanpa dibatasi stereotip yang kaku tentang peran gender.

Endang juga mengatakan dengan berkarier di bidang perkeretaapian, perempuan harus mampu menumbuhkan mental dan mengubah mindset bahwa perempuan memiliki peran yang sangat penting bagi kemajuan perkeretaapian.

Mental yang kuat harus dibangun oleh diri sendiri termasuk taruni yang saat ini sedang belajar, yaitu fokus pada rasa syukur dan berani menerima perubahan, dengan menghilangkan rasa takut, malu, dan tidak percaya diri. Memiliki mental yang kuat akan meningkatkan energi positif dan daya juang sehingga mampu mengatasi tantangan hidup.

"Anak-anakku, mari kenali diri kalian dan sadari bahwa peran kalian akan bermanfaat di dunia karier pada segala aspek kehidupan. Kita semua memiliki hak dalam menyuarakan keberaniaan untuk memperjuangkan sesuatu yang lebih baik. Saya berpesan supaya anak-anakku sekalian terus semangat dalam belajar, fokus terhadap masa depan, dan tetap berjuang untuk bangsa kita Indonesia," pesannya.