Tahukah Kamu?

Penjelasan Sederhana Pandora Papers, Skandal Orang Kaya Punya 'Tabungan' Rahasia

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Senin, 04 Okt 2021 10:37 WIB
Mata uang poundsterling / pounds
Foto: Dok. REUTERS/Leonhard Foeger

Seberapa sulit menyembunyikan uang di luar negeri?

Yang perlu kita lakukan adalah mendirikan perusahaan cangkang di salah satu negara/wilayah tax haven. Perusahaan ini akan berdiri dan tercatat meski tidak ada kantor maupun karyawan, hanya namanya saja.

Biaya nggak murah sih memang. Ada konsultan khusus yang bisa disewa untuk membantu pembuatan perusahaan ini dengan harga cukup tinggi.

Para konsultan ini juga bisa memberikan alamat dan nama-nama direktur di perusahaan yang akan didirikan, sehingga pemilik perusahaan yang sebenernya tidak akan diketahui.

Berapa jumlah uang yang disembunyikan di offshore?

Jumlah totalnya tidak diketahui dengan pasti, perkiraannya sekitar US$ 5,6 triliun (Rp 78.400 triliun) hingga US$ 32 triliun (Rp 448.000 triliun) menurut ICIJ.

IMF pernah bilang kelakuan para offshore ini membuat pemerintah seluruh dunia kehilangan potensi pajak US$ 600 miliar (Rp 8.400 triliun) tiap tahun.

"Kemampuan para orang kaya ini menyembunyikan uang telah merugikan kita semua, rakyat biasa. Ini mempengaruhi akses anak-anak kita unduk mendapatkan pendidikan berkualitas, layanan kesehatan yang baik, kemampuan kita membeli rumah, dan lain-lain," kata Kumar


(ang/zlf)