Alipay cs Kena Semprot Bank Sentral Gara-gara Monopoli

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 08 Okt 2021 15:35 WIB
Alipay
Foto: istimewa
Jakarta -

China bakal meningkatkan pengawasan terhadap industri pembayaran online dan melakukan tindakan keras atas praktik monopoli. Pernyataan Gubernur Bank Sentral China Yi Gang itu mengindikasikan Negeri Tirai Bambu di bawah Presiden Xi Jinping akan terus melakukan tindakan keras terhadap raksasa teknologi negaranya.

Pihak berwenang selama sekitar satu tahun terakhir telah membidik berbagai raksasa teknologi dalam negeri, termasuk raksasa e-commerce Alibaba dan raksasa pengiriman makanan Meituan, atas dugaan praktik monopoli dan pengambilan data konsumen secara agresif.

"Kami akan terus bekerja sama dengan otoritas anti-monopoli untuk mengekang monopoli dan secara aktif menangani diskriminasi algoritme dan bentuk baru lainnya dari perilaku anti-persaingan," kata Yi disadur detikcom dari MSN yang mengutip AFP, Jumat (8/10/2021).

Dia menambahkan, bank sentral akan memperkuat pengawasan industri pembayaran dan meminta semua perusahaan jasa keuangan untuk memiliki izin.

"Perusahaan platform teratas di China telah memperoleh data besar dari pengguna," kata Yi. Dia menjelaskan praktik tersebut dapat mengarah pada monopoli pasar.

IPO senilai US$ 37 miliar yang memecahkan rekor oleh perusahaan induknya, Ant Financial dibatalkan pada menit terakhir oleh regulator pada bulan November lalu, setelah pendirinya Jack Ma mengkritik para pejabat karena menghambat inovasi. Ant Financial adalah cabang fintech Alibaba.Regulator China pada bulan September memerintahkan perubahan besar-besaran pada aplikasi pembayaran terbesar di negara itu, Alipay, ketika Partai Komunis yang berkuasa berusaha untuk mengendalikan pertumbuhan yang tidak terkendali dari raksasa teknologi.

Kerajaan bisnis Ma telah menjadi target tindakan keras pemerintah China yang bertujuan untuk menghancurkan monopoli dan memperkuat keamanan data.



Simak Video "Jack Ma yang Menghilang Lalu Muncul Lagi Sudah Direncanakan?"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)