Buka Kantor di Solo, Shopee Targetkan 2.000 Lapangan Kerja hingga 2022

Eqqi Syahputra - detikFinance
Senin, 11 Okt 2021 13:58 WIB
Peresmian Kantor Shopee di Surakarta dilakukan langsung oleh Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja, dan Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming.
Foto: Screenshoot/Shopee
Jakarta -

Setelah meluncurkan Kampus UMKM Shopee Ekspor di Surakarta pada Mei 2021 lalu, Shopee melanjutkan langkahnya dengan membuka kantor baru yang terletak di Solo Paragon Mall. Kantor Shopee di Surakarta ini diresmikan langsung oleh Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja, dan Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming.

Handhika menuturkan, kantor baru di Solo Paragon Mall ini menjadi bagian dari upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi. Fokus utamanya yaitu untuk menyediakan dukungan yang berkesinambungan bagi pertumbuhan UMKM lokal di Solo dan sekitarnya, serta menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat lokal.

"Hingga tahun 2022 target kita adalah untuk mencapai 2.000 lapangan kerja baru yang kita ciptakan di Kota Solo. Saya percaya pertumbuhan ekonomi di Indonesia ini akan dimulai dengan pertumbuhan ekonomi di daerah dan tentunya bergantung pada UMKM dan penciptaan lapangan kerja, jadi kita harap kehadiran kantor Shopee di Solo hari ini bisa membantu dari kedua hal tersebut," ujar Handhika dalam acara Peresmian Kantor Shopee secara virtual, Senin (11/10/2021).

Dalam kesempatan tersebut, ia juga kembali mengingatkan bagaimana pihaknya bersama Gibran meresmikan Kampus UMKM Shopee Ekspor pada Mei lalu. Ia menuturkan, pihaknya menghadirkan kampus tersebut karena melihat potensi UMKM dan penjual-penjual di Kota Solo yang mempunyai kualitas yang baik dan sangat bersaing.

"Dan kita harap bisa bersaing di pasar global juga dari situ. Sejak 5 bulan itu kita melihat antusiasme yang sangat baik dari penjual dan dari pelaku juga sekarang sudah lebih dari 6.500 UMKM di Kota Solo yang berhasil menjual ekspor, dan target kita tetap di 10.000 UMKM Solo di tahun ini karena kita juga ingin memberikan dukungan lebih bagi perkembangan Kota Solo," tambah Handhika.

Selain itu, Handhika menuturkan kantor baru Shopee di Solo ini akan memiliki 2 lantai yang akan menampung 2 ribu karyawan. Ia juga berharap kantor ini dapat memastikan karyawan bekerja dengan aman, nyaman dan produktif.

"Tidak perlu beranjak dari kota kelahiran kita untuk bekerja di perusahaan besar tidak perlu ke kota besar, tapi kita tetap bisa berada di Solo membesarkan tanah kelahiran, dan Shopee bangga bisa membawa Kota Solo menjadi bagian penting dari ekosistem digital dan teknologi dunia ini," tutur Handhika.

Lebih lanjut, Handhika berharap semua pihak mau bersama-sama mengembangkan talenta lokal ini untuk menumbuhkan ekonomi Indonesia dan juga menaikkan kelas dari UMKM, manpower, dan tenaga kerja di Indonesia

"Tentunya saya terima kasih yang sedalam-dalamnya pada mas Gibran dan seluruh jajarannya atas dukungan dan kerjasamanya semoga kantor ini bisa memberikan kontribusi yang baik untuk kota Solo dan terus menjadi dasar kerja sama kita kedepannya," pungkas Handhika.

(akn/hns)