Kemendag-Pemprov DKI Teken MoU Genjot UKM Ekspor ke Pasar Global

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Selasa, 26 Okt 2021 20:27 WIB
Kemendag-Pemprov DKI Teken MoU Genjot Akses UKM Ekspor ke Pasar Global
Foto: Dok. Kemendag

Sementara itu, Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Marolop Nainggolan menambahkan proyek percontohan kerja sama ini akan dimulai dengan melibatkan pelaku usaha di bawah binaan Dinas PPKUKM DKI Jakarta. Hal itu untuk mendapatkan pendampingan tenaga ahli dari ID Seed dan Accelerice. Sementara, Goorita.com hadir untuk mengisi kesenjangan jaringan logistik untuk melakukan ekspor baik ritel maupun partai besar dengan harga yang murah.

"ID Seed, Accelerice, dan Goorita.com akan memberikan angin segar bagi UKM yang siap ekspor, tetapi kemampuan ekspornya masih kecil. Melalui penyediaan lokapasar dalam ekosistem ini, UKM dapat memanfaatkan teknologi digital dalam menembus pasar global. Kami optimis dapat lebih meningkatkan kontribusi UKM dalam kegiatan ekspor," jelas Marolop.

Kepala Dinas PPKUKM Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Elisabeth Ratu lantas mengapresiasi langkah Kementerian Perdagangan yang sudah memfasilitasi penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut. Kerja sama ini diharapkan juga dapat turut memajukan UKM di DKI Jakarta.

Founder PT Semeru Indonesia Maju Yuwono Wicaksono mengungkapkan sinergi ini merupakan penyatuan visi dan misi pemerintah dan swasta sebagai awal pembangunan ekosistem yang dapat menjadi tonggak UKM Indonesia menuju pasar global.

Ketua Umum ID Seed Ira Damayanti menuturkan kerja sama yang terjalin merupakan suatu kehormatan bagi ID Seed yang berkesempatan ikut serta bersinergi meningkatkan ekspor Indonesia ke luar negeri. "Besar harapan kami UKM Indonesia dapat terdorong dan bersaing di pasar global," ujar Ira.

Sementara itu, CEO Accelerice Charlotte Kowara berharap dengan kerja sama ini para diaspora dan penduduk lokal nantinya lebih mudah untuk mendapatkan produk-produk Indonesia.


(akd/hns)