Megawati Ngaku Dicurhati Sri Mulyani soal Anggaran Bencana, Begini Isinya

Siti Fatimah - detikFinance
Kamis, 28 Okt 2021 18:21 WIB
Apa Itu BRIN? Megawati Kini Jadi Dewan Pengarah
Foto: Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri (Foto: Tangkapan layar YouTube)
Jakarta -

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menceritakan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati sempat mengeluh mengenai kerugian akibat bencana alam. Jumlah kerugian tersebut bisa mencapai triliunan rupiah.

Hal itu disampaikan Megawati saat berbicara soal potensi kerugian akibat bencana di Indonesia. Dia mengatakan, jumlah tersebut belum termasuk kerugian bencana akibat konflik.

"Saya tanya dengan Ibu Menteri Keungan. Ibu, Sri Mulyani. Beliau tuh sampe bilang gini, 'aduh Ibu, kerugian akibat bencana alam, saya belum nanya bencana konflik itu masuk udah triliunan ibu'," ungkap Mega dalam video sambutan dirinya di pelatihan kebencanaan PDIP, Rabu (27/10) kemarin dikutip dari CNN Indonesia, Kamis (28/10/2021).

Mega tak merinci secara jelas angka kerugian tersebut dan dari jangka waktu berapa lama. Selain mengungkapkan dampak kerugian finansial, kata dia, ancaman bencana alam di Indonesia pun sangat tinggi. Megawati mengingatkan semua kepala daerah tak lalai terhadap ancaman bencana alam.

"Dengan segala hormat, saya merasa ini sebetulnya terjadi yang namanya bencana alam itu karena kelalaian, termasuk dari pimpinan-pimpinan daerah yang kurang menanggapi. Bahwa (bencana alam) ini sebetulnya paling tidak bisa dihindari dengan tentunya bantuan teknologi, dan kesadaran manusianya sendiri," ungkapnya.

Dia bercerita sempat berdialog dengan mantan Wapres Amerika Serikat (AS) Al Gore. Kepada Megawati, Al Gore menyebut Indonesia merupakan negara yang rapuh.

"Negaramu itu (Indonesia) sangat fragile (rapuh)," kata Megawati mencontohkan pernyataan Al Gore.

Bersambung ke halaman selanjutnya.