Sempat Gembar-gembor, Proyek 'Tempat Liburan' Pangeran Abu Dhabi di Aceh Batal Diteken

Agus Setyadi - detikFinance
Sabtu, 06 Nov 2021 18:30 WIB
Capture the Enchantment of Many Islands in Aceh Singkil, Aceh on 27-01-2016. Pulau Banyak, Pulau cluster, is a small island group in Aceh Singkil Regency. The total area of ​​the archipelago is 27,196 ha, which consists of a group of islands directly adjacent to the Indian Ocean. Clusters of beautiful small islands are devoid of the activities of the population, so that the island is much like a paradise for a reliable marine tourism.
Sempat Gembar-gembor, Proyek 'Tempat Liburan' Pangeran Abu Dhabi di Aceh Batal Diteken
Banda Aceh -

Penandatanganan perjanjian kerja sama (MoU) Murban Energy, Uni Emirat Arab (UEA) dengan Pemerintah Aceh terkait investasi di Pulau Banyak batal dilakukan. Perjanjian itu seharusnya diteken 2 November lalu Dubai.

"Secara tentatif jadwal penandatangan telah disiapkan pada 2 November 2021, namun sampai waktu tersebut pihak KBRI belum mendapatkan respons kepastian dari pihak Murban Energy," kata Juru Bicara Pemerintah Aceh Muhammad MTA, Sabtu (6/11/2021).

Muhammad menjelaskan, MoU itu merupakan rencana bersama Pemerintah Aceh serta pemerintah pusat. Penyiapan Draft MoU telah dibahas lintas Kementerian di bawah inisiatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves).

Setelah draft MoU selesai, kata Muhammad, lalu dikirimkan ke pihak Murban Energy melalui KBRI di Abu Dhabi sesuai permintaan pihak investor. Setelah itu, diagendakan penandatanganan dilakukan bersamaan dengan kunjungan Presiden Jokowi ke Abu Dhabi dan Dubai 1-5 November.

"Rencana itu sudah mendapatkan sambutan dari pihak Murban Energy, terutama dari Direktur Eksekutif Murban Energy sendiri yang sudah dua kali ke Pulau Banyak, Singkil terkait rencana investasi ini," jelas Muhammad.

Menurut Muhammad, Duta Besar RI di Abu Dhabi mengundang Gubernur Aceh Nova Iriansyah untuk berangkat ke Abu Dhabi dan Dubai pada 1-5 November. Undangan itu dikirimkan ke Pemerintah Aceh 28 September lalu.

"Undangan itu sangat jelas disebutkan terkait kunjungan Presiden RI ke Abu Dhabi dan Dubai, yang salah satu hal penting adalah terkait kelanjutan rencana investasi perusahaan UAE Murban Energy di Pulau Banyak, Singkil," ujar Muhammad.

"Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa Duta Besar telah melakukan koordinasi dengan pihak Murban Energy dan secara prinsip telah setuju untuk melakukan penandatanganan MoU, dan pihak Murban Energy akan menyampaikan tentatif setelah melakukan kajian dan analisis terhadap draft MoU yang telah mereka terima," lanjutnya.

Lihat juga Video: Jokowi-MBZ Sepakat Perkuat TCA & Kerja Sama Pembangunan Ibu Kota Baru

[Gambas:Video 20detik]