3 Kunci Sukses Perusahaan Siapkan Karyawan Hadapi Industri 4.0

ADVERTISEMENT

3 Kunci Sukses Perusahaan Siapkan Karyawan Hadapi Industri 4.0

Jihaan Khoirunnisaa - detikFinance
Senin, 08 Nov 2021 11:52 WIB
Ilustrasi Industri 4.0
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Saat ini dunia kerja sudah masuk ke dalam era industri 4.0. Hal ini ditandai dengan serba digitalisasi dan otomasi dalam segala hal.

Saat ini, segala aktivitas manusia semakin dipermudah karena telah terhubung ke jaringan besar bernama internet. Pada era ini turut berkembang pula kecerdasan buatan serta beragam teknologi canggih yang dapat meningkatkan efisiensi serta produktivitas.

Namun di sisi lain, era industri 4.0 meninggalkan pekerjaan rumah, terutama bagi pelaku usaha. Karena perusahaan mau tidak mau dipaksa untuk beradaptasi dengan kehadiran teknologi digital yang semakin canggih, termasuk dalam manajemen sumber daya manusia atau karyawannya.

Karyawan merupakan salah satu aset terpenting dalam kemajuan perusahaan, dan adaptasi di era industri 4.0 harus dilakukan agar perusahaan tidak tertinggal dan dapat bertahan di tengah persaingan.

Mengutip Industry Week, upaya 3T (Retain, Retrain, dan Recruit) menjadi kunci sukses bagi perusahaan dalam mempersiapkan karyawannya untuk menyongsong era industri 4.0. Berikut penjelasannya.

Retain

Menyambut era 4.0, bukan lantas membuat perusahaan mengurangi jumlah pekerja. Sebaliknya, perusahaan justru harus mempertahankan karyawan potensial. Terutama karyawan yang familiar dengan industri perusahaan serta memahami budaya kerja di perusahaan dengan baik.

Sebab ketika karyawan tersebut pergi, maka perusahaan akan kehilangan aset berharganya. Untuk itu, perusahaan harus memaksimalkan kepuasan karyawan dalam bekerja. Pastikan Anda memenuhi kebutuhan dan hak karyawan dengan baik.

Retrain

Era industri 4.0 sudah di depan mata, maka perusahaan harus membuka mata lebar-lebar terhadap transformasi digital. Apalagi yang berpengaruh dengan laju bisnis. Dengan penggunaan teknologi yang lebih canggih, pekerjaan bisa lebih mudah dilakukan dan pastinya hemat waktu.

Namun untuk itu, pastikan karyawan memiliki skill mumpuni agar dapat menggunakan teknologi tersebut. Perusahaan dapat mengadakan pelatihan guna meningkatkan kemampuan para karyawan.

Recruit

Tidak hanya itu saja, dalam menghadapi era industri 4.0 perusahaan perlu cermat. Utamanya dalam mengidentifikasi kemampuan yang tengah dibutuhkan dan belum dimiliki oleh perusahaan. Kemudian susun kualifikasi baru dalam merekrut calon karyawan. Pastikan kualifikasi tersebut detail dan rinci untuk setiap posisi strategis. Sebaiknya saring karyawan yang sesuai dengan visi misi menuju industri 4.0 tersebut.

Soal rekrutmen, perusahaan bisa berpartner dengan Jobstreet dan memanfaatkan layanan iklan yang tersedia. Hal ini agar semakin memperluas jangkauan ke calon kandidat potensial. Hal ini sekaligus meningkatkan kredibilitas perusahaan sehingga Anda dapat bersaing dengan top company di Indonesia.

Selain itu, Jobstreet juga kerap membagikan hasil-hasil studi komprehensif sehingga perusahaan bisa melihat lebih dalam keinginan calon kandidat. Salah satunya lewat portal Laws of Attraction yang di dalamnya terdapat hasil studi komprehensif kepada lebih dari 9.800 kandidat dari 25 bidang industri di Indonesia.

(fhs/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT