ADVERTISEMENT

RI Impor 1 Juta 'Obat' COVID-19 Bulan Depan, Berapa Harganya?

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 08 Nov 2021 13:05 WIB
Obat COVID-19
Foto: Ilustrasi: Fuad Hashim
Jakarta -

Indonesia akan mengimpor obat COVID-19 Molnupiravir sebanyak 600 ribu sampai 1 juta tablet pada Desember mendatang. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan pihaknya sudah melakukan kesepakatan dengan produsen, yaitu Merck.

"Yang sudah kita lakukan adalah kemarin saya sudah ke Amerika deal dengan Merck, rencananya kita akan beli dulu antara 600 ribu sampai 1 juta tablet bulan Desember," katanya dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Senin (8/11/2021).

Budi menjelaskan menurut hitung-hitungan yang dilakukan, harga obat COVID-19 ini berkisar antara US$ 40-50, atau di bawah Rp 1 juta.

Impor obat COVID-19 tersebut dilakukan sebagai upaya Indonesia dalam mempersiapkan diri jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terkait pandemi COVID-19 ini. Molnupiravir diklaim mampu melawan varian COVID-19 mulai dari delta, gamma, hingga Mu.

Selain impor produk jadi, Indonesia juga mengupayakan voluntary license, meliputi pengembangan bahan baku dan produk jadi. Voluntary license dapat dilakukan melalui dua jalur. Pertama melalui Merck dengan mengajukan proposal ke Merck. Kedua melalui Medicines Patent Pool (MPP) dengan mengajukan Expression of Interest (EOI).

"Nah ini sekarang sedang finalisasi, kita ada beberapa perusahaan BUMN dan swasta yang kita ajak untuk bisa apply patennya dari mereka, sehingga bisa membuat di Indonesia, kalau syukur bisa cepat mudah-mudahan tahun depan kita bisa bikin ini di sini sehingga memperkuat sistem ketahanan kesehatan kita, jelasnya.

(toy/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT