Tembus 55%, Pekerja RI Masih Didominasi Lulusan SD-SMP

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 15 Nov 2021 15:22 WIB
Tenaga Kerja Asing
Foto: Fuad Hasim
Jakarta -

Jumlah penduduk bekerja di Indonesia masih didominasi oleh mereka yang tingkat pendidikannya SMP ke bawah. Persentase mereka mencapai 55,45% alias mendominasi total penduduk bekerja yang ada.

"Kalau kita lihat dari sisi persentase penduduk yang bekerja menurut tingkat pendidikan ini SMP ke bawah 55,45%," kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Senin (15/11/2021).

Sementara itu, persentase penduduk bekerja lulusan SMA dan SMK hanya 31,73%. Angka tersebut masih lebih baik dibandingkan dengan pekerja dengan pendidikan Diploma atau Universitas yang hanya sebesar 12,82%.

Ida menjelaskan penduduk bekerja yang didominasi oleh mereka yang tingkat pendidikannya rendah memang masih menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi pemerintah.

"SMA-SMK 31,73%, Diploma dan Universitas 12,82%. Artinya kita masih punya tanggungan, punya PR karena pekerja kita masih didominasi tingkat pendidikan SMP ke bawah, 55,45%," tambahnya.

Produktivitas tenaga kerja (labor productivity) Indonesia juga masih kalah dibanding negara-negara tetangga. Indonesia berada di urutan kelima. Sedangkan peringkat pertama hingga keempat adalah Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Thailand. Itu berdasarkan data pada 2019.

Pihaknya menjelaskan bahwa produktivitas tenaga kerja dalam 5 tahun terakhir pada dasarnya sudah mengalami peningkatan. Namun, akibat pandemi maka produktivitas kembali menurun. Sektor primer adalah sektor dengan produktivitas pekerja terendah.

(toy/dna)