Perusahaan Bulgaria Investasi Rp 42 M Bikin Rendang 'Banjiri' Eropa

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 28 Nov 2021 12:44 WIB
Ilustrasi rendang
Foto: Dok: Kedubes RI di Bulgaria
Jakarta -

Indonesia selain terkenal dengan kekayaan alam dan budaya, juga kaya kulinernya yang mendunia. Salah satu kuliner khas Sumatera Barat, Rendang akan didistribusikan ke kawasan di Eropa.

Hal itu diwujudkan melalui perjanjian investasi dengan Bela Ltd., sebuah perusahaan terkemuka di Bulgaria untuk membuat rendang bisa didistribusikan ke kawasan lain di Eropa. Penandatanganan kerja sama bisnis dilakukan hari ini.

"Nilai investasinya US$ 3 juta (setara Rp 42,83 miliar dengan estimasi kurs Rp 14.277). Pasarnya tidak hanya di Bulgaria, tapi Bulgaria ini akan kami dijadikan 'hub' atau penghubung untuk pasar rendang ke Eropa, khususnya negara-negara Balkan," kata Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria, Albania, dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta dalam keterangan tertulis dikutip detikcom, Minggu (28/11/2021).

Iwan mengaku senang bisa membuat rendang lebih terkenal di negeri kawasan Eropa Timur itu. "Bukan berarti orang Eropa belum kenal rendang ya. Selama ini sudah, tapi akan lebih kita masifkan lagi, sehingga dari situ rasa cinta mereka pada negara produsen rendang akan semakin kuat," jelasnya.

Dalam mewujudkan perjanjian ini, Iwan mengajak William Wongso sebagai pakar kuliner nusantara yang terkenal menguasai seni masakan Asia dan Eropa. Selama di Sofia, sederet kegiatan menantinya untuk mempopulerkan kuliner nusantara.

Sederet agenda itu antara lain pengambilan gambar dengan BTV, sebuah stasiun televisi di Bulgaria. Pemilik 'William Gourmet Catering' itu tampil dalam program bertema 'Indonesia Spice Up the World'.

Di acara itu, William Wongso beraksi demo memasak rendang serta mengajarkan masyarakat Eropa tips makan rendang ala mereka, yakni makan rendang dikombinasikan sandwich dan salad.

Selain itu, pria yang kerap memandu program kuliner di televisi itu juga berdiskusi dengan warga negara Indonesia (WNI) di Bulgaria, yang berlokasi di Yati Cooking Resto, sebuah restoran Indonesia di Sofia. Di negara berjuluk 'Negeri Kuntum Mawar' itu ada hampir 100 WNI bermukim di sana.

"Di sini, beliau berbagi tips masak enak ala William Wongso," kata Iwan. Agenda lain yakni penandatanganan kerja sama produksi rendang itu.

"Sebuah kehormatan dan kebahagiaan tersendiri bagi kami bisa mengajak perusahaan di Bulgaria untuk berinvestasi, memproduksi, dan memasarkan makanan kebanggan Indonesia," pungkas Iwan.

(aid/zlf)