Siap-siap Penerbangan Reguler, Kapan Pelita Air Mulai Buka Rute?

ADVERTISEMENT

Siap-siap Penerbangan Reguler, Kapan Pelita Air Mulai Buka Rute?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 28 Nov 2021 18:46 WIB
Lelang pesawat DJKN
Foto: dok. Pelita Air Service

Pelita Air sendiri sudah cukup lama mengudara di Indonesia. Dari catatan detikcom, maskapai ini lahir di bawah PT Pertamina (Persero) pada tahun 1963 untuk memenuhi kebutuhan transportasi bagi Pertamina. Tepatnya digunakan untuk urusan transportasi minyak dan gas, hingga personel.

Maskapai ini memiliki misi melakukan operasi penerbangan untuk melayani dan mengkoordinasikan operasi penerbangan secara ekonomis dalam industri migas di Indonesia melalui penerbangan charter dan kegiatan terkait. Termasuk kegiatan transmigrasi, pemadam kebakaran, pengungsi, palang merah, tumpahan minyak, foto udara, transportasi kargo.

Selanjutnya, layanan Pelita Air diperluas ke penerbangan untuk VVIP, lepas pantai, evakuasi medis, operasi seismik, survei geologi, helirig, pilot helikopter untuk disewa, dukungan dan pelatihan.

Pelita Air juga sempat memperluas lini bisnis penerbangan reguler sejak tahun 2000 hingga 2005, beberapa rute domestik pun dibuka.

Namun, nampaknya peruntungannya kurang baik dan Pelita Air memilih fokus dalam bisnis utamanya yaitu penerbangan charter. Kini mereka akan mencoba peruntungannya lagi untuk membuka penerbangan berjadwal di beberapa rute domestik.


(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT