d'Mentor

5 Nasihat Sandiaga Buat Pebisnis Milenial dan Gen Z

detikTV - detikFinance
Jumat, 03 Des 2021 18:15 WIB
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (menparekraf) Sandiaga Uno menitipkan lima pesan untuk milenial dan gen z yang ingin mulai bisnis. Sebagaimana dirinya pernah mendapat mentoring sewaktu awal pertama kali merintis bisnis.

"Lima hal yang ingin saya titipkan kepada para pemula yang ingin bisnis knowledge fokus analisa yang tajam tidak takut terhadap kegagalan dan berani ambil resiko," ujar pria yang akrab disapa Sandi dalam acara detikcom d'Mentor, Rabu (1/12/2021).

Sandi meminta jangan takut untuk gagal ketika memulai bisnis. Karena dari kegagalan kita bisa belajar inovasi dan mendapat kesuksesan.

"Jangan pernah takut kegagalan karena yang ada di mindset kita bisnis yang sukses pasti pernah gagal, justru kegagalan itu adalah pintu untuk kita berinovasi kegagalan adalah anak tangga kita untuk mencapai kesuksesan. Resiko adalah teman anda, jika ada resiko pasti ada profit. Jika resiko bisa kita kelola dengan baik maka profit bisa kita raih," paparnya.

Sandi mengatakan nasehat-nasehat itu mengingatkan pada masa di awal buat bisnis. Dirinya mendapat mentor dengan belajar langsung dari sosok pengusaha hebat William Surya Jaya.

"Kami diberikan satu kesempatan dimentorin pengusaha terbaik Indonesia, kalau bicara d'Mentor sekarang d'Mentor bisa dapat dari detik hari ini, tapi waktu itu saya harus ketemu memulai mentorship itu dengan belajar langsung dari mentor, waktu itu mentor kami Wiliam Surya Jaya ini sebetulnya pengalaman tidak terlupakan," paparnya.

Sandi mengatakan dari sesi mentoring dengan pengusaha terbaik, ia dapat membuka lapangan kerja untuk puluhan ribu orang. Oleh karena itu dirinya percaya gen z dan milenial akan jadi lokomotif ekonomi di Indonesia.

"Saya berharap teman-teman yang ada ikut dalam sesi ini mendapatkan ilmu mengembangkan usaha mengambil peluang sektor ekonomi kreatif yang akan menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi kita ke depan," pungkasnya.

(ed/gah)