Ekonomi Digital RI Digenjot, Teten: 2025 Terbesar di Asia Tenggara

Ari Purnomo - detikFinance
Senin, 06 Des 2021 21:58 WIB
Menteri Koperasi dan UKM
Foto: Wahyudi (20detik); Menkop UKM Teten Masduki
Solo -

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki membuka Shopee Solo Creative & Innovation Hub di Solo Technopark (STP), Senin (6/12/2021). Dalam sambutannya Teten optimistis wadah bagi para UMKM ini nantinya perkembangannya akan semakin cepat dan meningkatkan ekonomi digital.

"Kita tahu disrupsi digital gelombang kedua memaksa transformasi digital UMKM harus lebih kita percepat ya kita akselerasi. Kenapa ini agar rakyat Indonesia bisa mengoptimalkan kekuatan ekonomi digital yang nilainya sangat besar," terangnya.

Teten melanjutkan di tahun ini di masa pandemi nilai digital ekonomi di Indonesia mencapai Rp 640 triliun.

"Dan digital ekonomi kita di tahun 2025 diprediksi terbesar di Asia Tenggara mencapai Rp 1.700 triliun. makanya itu saya meyakini Shopee Solo Creative & Innovation Hub ini bisa menjadi sangat penting bagi Indonesia khususnya di Solo," urainya.

Kondisi ini juga didukung struktur demografi di mana 68 persen adalah anak-anak muda dengan minat pada wirausaha.

"Dari survei ke survei anak-anak muda ini punya minat besar hampir 70 persen untuk menjadi wirausaha. Nah kita ingin ke depan pengembangan wirausaha kita itu by design ya jadi kita ingin wirausaha muda itu nanti berbasis produk produk kreativitas dan inovasi teknologi, " ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengapresiasi adanya kegiatan ini. Dia menyampaikan, dengan adanya Shopee Solo Creative & Innovation Hub bisa mendorong UMKM untuk naik kelas.

"Di sini tempat para unicorn decacorn berkumpul, kita ingin UMKM Solo naik kelas. Banyak inkubator akselerator tugasnya menaikkan kelas UMKM," kata Gibran.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik