Boeing Bakal Bikin Pesawat di Dunia Metaverse, Caranya?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Senin, 20 Des 2021 14:15 WIB
Pabrik Boeing San Antonio
Foto: CNN
Jakarta -

Boeing tengah merancang sebuah pabrik masa depan. Ini adalah strategi baru Boeing untuk menyatukan operasional desain, produksi, dan layanan penerbangan di bawah satu ekosistem digital dalam waktu dua tahun ke depan.

Dalam rancangannya, Boeing akan menggabungkan desain rekayasa 3-D berteknologi tinggi dengan robot yang dapat berbicara satu sama lain. Sementara mekanik di seluruh dunia akan dihubungkan oleh headset HoloLens seharga US$ 3.500 buatan Microsoft Corp.

Kritikus mengatakan Boeing sebenarnya telah berulang kali menyampaikan janji serupa pada revolusi digitalnya dengan hasil yang beragam. Tetapi sumber mengatakan bahwa strategi ini semakin mendesak karena perusahaan sedang menghadapi berbagai ancaman.

Produsen pesawat asal AS ini memasuki 2022 dengan berjuang kembali menegaskan dominasinya setelah krisis 737 MAX. Upaya ini juga demi mencegah masalah manufaktur di masa depan seperti cacat struktural yang menghalangi 787 selama setahun terakhir.

"Ini tentang memperkuat rekayasa. Kita berbicara tentang mengubah cara kita bekerja di seluruh perusahaan." kata chief engineer Boeing, Greg Hyslop, kepada Reuters, dikutip Senin (20/12/2021).

Dalam persaingan pasar dunia, kebutuhan untuk memenuhi pesanan yang besar telah membuka front baru dalam perang Boeing dengan Airbus.

Chief Executive Airbus Guillaume Faury, berjanji akan menemukan sistem produksi baru dan memanfaatkan kekuatan data guna mengoptimalkan sistem industrinya.

Pendekatan Boeing sejauh ini telah ditandai dengan kemajuan bertahap dalam program atau peralatan jet tertentu.

Persaingan kedua raksasa pesawat tersebut merupakan tanda dari revolusi digital yang kini terjadi secara global. Perusahaan raksasa lainnya seperti Ford Motor Co dan Facebook Meta Platforms Inc juga tengah mengalihkan pekerjaannya dan bermain ke dunia virtual yang imersif atau dikenal dengan sebutan metaverse.

Metaverse adalah ruang digital bersama yang sering menggunakan realitas virtual atau augmented reality dan dapat diakses melalui internet. Lalu bagaimana caranya bekerja dalam dunia penerbangan?