McDonald's Batasi Pembelian Kentang Goreng di Gerai Ini, Ada Apa?

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 23 Des 2021 09:47 WIB
french fries jumbo
Foto: Istimewa
Jakarta -

Salah satu jaringan makanan cepat saji terbesar di dunia McDonald's mengalami kekurangan kentang di Jepang karena krisis rantai pasokan global.

McDonald's mengaku mengalami keterlambatan pengiriman stok yang digunakan untuk membuat kentang goreng andalannya. Akibatnya, mereka hanya akan menjual sebagian kecil kentang goreng di Jepang mulai Jumat hingga 30 Desember.

"McDonald's Jepang untuk sementara akan membatasi penjualan kentang goreng ukuran sedang dan besar sebagai tindakan proaktif untuk memastikan pelanggan dapat terus menikmati kentang goreng McDonald's," kata perusahaan dilansir BBC, Kamis (23/12/2021).

Meski begitu pelanggan masih dapat memesan kentang goreng ukuran kecil di semua McDonald's di Jepang sampai saat ini.

McDonald's biasanya mengimpor kentang dari pelabuhan dekat Vancouver di Kanada. Namun, kapal pengirim kentang tersebut menghadapi penundaan karena kerusakan akibat banjir dan dampak pandemi pada rantai pasokan global. McDonald's akan mencari alternatif pasokan kentang.

Ini bukan pertama kalinya McDonald's di Jepang dipaksa untuk mengurangi porsi kentang. Pada tahun 2014, perselisihan industri yang berkepanjangan antara 20.000 pekerja dok, operator terminal, dan jalur pelayaran di 29 pelabuhan di pantai barat AS juga menyebabkan kekurangan pasokan kentang.

Sebagai tanggapan, McDonald's Jepang mengambil langkah darurat dengan hanya menjual sebagian kecil kentang goreng sambil mengirim 1.000 ton kentang.

Lihat juga video 'Kilas Balik McDonald's Sarinah Sebelum Tutup Permanen':

[Gambas:Video 20detik]



(das/ara)