Anak BUMN Geber Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun, Ini Caranya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 23 Des 2021 16:35 WIB
The hands in blue glove of the scientist hold the processor
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/Alernon77
Jakarta -

Anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero), yaitu PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) bersama Kodim 0908 dan Dinas Kesehatan Kota Bontang, menggelar vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun di Kota Bontang, Kalimantan Timur.

Sebanyak 750 anak yang berasal dari SD 1 dan 2 Yayasan Pupuk Kaltim (YPK) ditargetkan akan mendapatkan suntikan vaksin Sinovac dosis 1. Pelaksanaan vaksinasi diselenggarakan pada 22-23 Desember 2021 di Sentra Vaksin GOR PKT.

Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi, mengatakan pihaknya terus berkomitmen untuk membantu percepatan vaksinasi nasional. Setelah sebelumnya PKT melakukan vaksinasi kepada 10.000 masyarakat Kaltim, kini PKT siap membantu pemerintah melakukan percepatan vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun.

"Semoga upaya ini bisa mencegah dan mengurangi risiko penularan virus Covid-19 pada anak dan mendorong percepatan realisasi target herd immunity di Indonesia, sehingga aktivitas masyarakat, khususnya kegiatan belajar mengajar di sekolah bisa kembali berjalan normal," terang Rahmad dalam keterangannya, Kamis (23/12/2021).

PKT juga mengapresiasi pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaan vaksinasi anak seperti Kodim 0908 Kota Bontang, Dinas Kesehatan Kota Bontang, YPK dan Kepala SD 1 dan 2 YPK.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya telah menyampaikan bahwa kegiatan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun ditargetkan menyasar 26,5 juta anak di seluruh Indonesia. Jokowi berharap pelaksanaan vaksinasi anak ini bisa dilakukan secara cepat di seluruh provinsi dan wilayah di Indonesia.

"PKT akan terus berperan aktif dan berkontribusi membantu pemerintah dan masyarakat di berbagai sektor, sehingga peran perusahaan semakin berdampak dan memberikan manfaat maksimal terhadap pembangunan dan kesejahteraan di Kaltim. PKT juga mengajak masyarakat untuk tidak ragu mengikuti program vaksinasi karena vaksin ini aman dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus Covid-19," kata Rahmad.

Pemerintah Kota Bontang melalui Kepala Seksi Surveilans, Imunisasi, Wabah dan Bencana Dinas Kesehatan (Dinkes) Bontang Adi Permana, mengapresiasi kontribusi PKT bersama TNI dalam mendukung percepatan vaksinasi bagi anak, yang dinilai sangat membantu Pemerintah meningkatkan realisasi target 18.000 lebih untuk usia 6-11 tahun.

Melalui percepatan vaksinasi bagi anak, pembelajaran tatap muka yang saat ini baru bisa dilakukan beberapa sekolah, ditarget berjalan maksimal secara bertahap di seluruh sekolah Kota Bontang.

"Jika melihat progress dan dukungan berbagai pihak, kami optimis Februari 2022 mendatang seluruh anak di Bontang telah mendapatkan vaksin," kata Adi.

(ara/ara)