Bandara Halim Perdanakusuma Mau Ditutup, Penerbangan Pindah ke Mana?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 27 Des 2021 07:00 WIB
bandara halim
Foto: Nfadils/d'Traveler

Perintah Jokowi

Sebelumnya, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyebut per 1 Januari mendatang Halim ditutup untuk revitalisasi. Fadjar menyatakan penutupan yang disertai revitalisasi ini adalah perintah langsung Presiden Joko Widodo.

"Bahwa Bandara Halim akan ditutup mulai tanggal 1 Januari ini adalah perintah Bapak Presiden," kata Fadjar saat acara Press Tour and Media Gathering di Gedung Ardhya Loka, Kompleks Halim Perdanakusuma, Cililitan, Jaktim, Rabu (22/12/2021).

Fadjar juga bicara mengenai kondisi Halim Perdanakusuma yang sudah memprihatinkan dan memaksa revitalisasi harus dilakukan. Presiden, menurutnya meminta bandara Halim diperbaiki khususnya pada bagian runway atau landasan pacu bandara.

Dia mengatakan Jokowi telah merasakan kasarnya runway di Halim Perdanakusuma. Dia bilang runway bandara ini sudah sangat kasar.

"Karena Pak Presiden merasakan betul runway-nya sudah kasar. Bapak-bapak mungkin yang naik pesawat dari Halim merasa berbeda. Oleh karena itu beliau memerintahkan untuk merevitalisasi, utamanya runway," ujar Fadjar.

Fadjar juga mengatakan runway Halim pun sudah sangat tua usianya. Bahkan tanah di sekitar bandara pun nampaknya sudah mengalami penurunan.

"Runway-nya memang sudah usia tua dan tanah di sekitar Halim ini sedikit, bukan labil ya, saya kurang paham mengenai tanah, tapi yang jelas juga terjadi penurunan," imbuh Fadjar.

Saking buruknya kualitas bandara saat ini, Fadjar menyebut kondisi runway Halim sudah mendekati ambang batas aman. Maka dari itu revitalisasi wajib dilakukan.

"Mungkin ada semacam air tanah dan lain sebagainya, tapi akibatnya runway itu sudah mendekati ambang batas aman," tegas Fadjar.


(hal/ara)