KKP Gaet AP II Perbanyak Direct Call Produk Perikanan ke Pasar Global

Inkana Izatifiqa R Putri - detikFinance
Selasa, 28 Des 2021 19:57 WIB
Kerja Sama KKP dan AP II
Foto: KKP

Doni mengatakan untuk mencegah penyelundupan produk perikanan melalui bandara-bandara AP II, KKP akan meningkatkan literasi melalui konten di NeptuneTV.

"Kita rencana akan memproduksi beberapa konten seperti seri Border Control yang akan bercerita tentang kerja tim BKIPM dan AP II serta stakeholders lainnya dalam mengawasi lalu lintas perikanan di bandara," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT AP II, Muhammad Awaluddin merespons baik penguatan kerja sama ini karena dapat meningkatkan ekonomi di wilayah tersebut. Untuk itu, pihaknya akan menyiapkan sejumlah hal terkait penyelenggaraan direct call di beberapa bandara yang dikelola AP II.

"Ini sangat bagus, terutama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah. Kita komit untuk bersinergi dalam mewujudkan direct call ini," pungkasnya.

Diketahui, PT AP II saat ini mengelola 20 bandara yang tersebar di wilayah barat Indonesia. Sebelumnya, direct call telah dimulai di beberapa bandara di wilayah timur, seperti Manado serta Ambon.

Adapun kerja sama ini sejalan dengan permintaan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono untuk terus memfasilitasi pelaku usaha agar dapat eksis di pasar dunia. Fasilitasi ini meliputi pendampingan, sertifikasi, profiling potensi pasar hingga penguatan peran quality assurance.


(ncm/hns)