Evergrande Tiba-tiba Pindah Kantor, Gedungnya Dijual?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 11 Jan 2022 08:40 WIB
Evergrande
Evergrande/Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Raksasa properti asal China, Evergrande Group mengatakan mereka telah memindahkan kantor pusatnya di Shenzhen ke bangunan yang lain di kota yang sama. Hal ini dilakukan perusahaan untuk memotong sejumlah biaya operasional.

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, saat ini Evergrande sedang berjuang untuk membayar utang lebih dari US$ 300 miliar atau setara dengan Rp 4.260 triliun (kurs Rp 14.200/dolar AS).

Jumlah tersebut belum termasuk obligasi luar negeri yang senilai hampir US$ 20 miliar atau sekitar Rp 284 triliun yang sebelumnya telah dianggap gagal bayar oleh lembaga pemeringkat bulan lalu.

Melansir dari Reuters, Selasa (11/1/2021), perusahaan mengeluarkan pernyataannya terkait kepindahannya ini setelah sebelumnya outlet media China The Paper melaporkan bahwa Evergrande telah memindahkan kantor pusatnya dari Shenzhen ke Guangzhou. Namun perusahaan membantah laporan tersebut.

Evergrande mengatakan mereka telah memindahkan kantor pusat mereka dari gedung Shenzhen Excellence Centre, yang dimiliki oleh perusahaan lain, ke sebuah bangunan yang dimiliki Evergrande di kota yang sama. Namun hingga saat ini perusahaan tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang pengaturan baru tersebut.

Pada Senin sore, nampak bahwa sebagian logo perusahaan Evergrande telah dicopot di satu sisi gedung Excellence Centre. Berdasarkan keterangan dari beberapa petugas keamanan yang ada di sana, dikatakan bahwa perusahaan telah meninggalkan gedung tersebut sejak bulan lalu.

(fdl/fdl)