Mau Jadi Pusat Dunia, RI Punya Platform Digital Ekspor Produk Halal

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 15 Jan 2022 16:45 WIB
Halal Hub
Foto: Dok. Istimewa

Pengurus Global Halal Hub Amalia Prabowo menjelaskan langkah pertama yang dilakukan adalah melakukan kurasi UMKM meliputi kualitas, kuantitas, kontinuitas. Selanjutnya adalah meningkatkan kapasitas SDM, sertifikasi, pemasaran digital, hingga masuk pasar ekspor. "Kami sudah memiliki rata-rata 1.000 binaan UMKM, dengan sinergi dan kolaborasi semakin besar," paparnya.

Sony Juwono mengungkapkan Global Halal Hub membangun ekosistem mulai dari desa, kabupaten, provinsi, hingga nasional. "Melalui Global Halal Hub memudahkan buyer mancanegara membeli produk-produk halal Indonesia," kata Sony yang juga pengurus Global Halal Hub.*

Kunjungan kerja yang dipimpin Staf Khusus Wakil Presiden RI, Dr Lukmanul Hakim dan Dr Bambang Widianto, dihadiri Asisten Staf Khusus Wapres Guntur Subagja Mahardika dan Dhika Yudistira, Asisten Deputi Ekonomi dan Keuangan Setwapres Ahmad Lutfi, Deputi Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah (DEKS) Bank Indonesia Diana Yumanita, Kepala Divisi Pengembangan Produk Halal KNEKS (Komite Ekonomi dan Keuangan Syariah) Ahmad Iqbal, Pengelola Global Halal Hub Amalia Prabowo dan Sony Juwono, serta para pelaku usaha platform digital ekspor.


(fdl/fdl)