Waspada Omicron, Luhut Minta Vaksin Booster Digeber di Jabodetabek

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 21 Jan 2022 08:28 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan/Foto: KEMENKO MARVES

Luhut Minta Umrah Aman dan Lancar

Dalam mengantisipasi penyebaran omicron saat perjalanan umrah telah dibuka, Luhut ingin perjalanan umrah dapat berjalan dengan lancar dan aman. Ia pun meminta kepada Kemenag, Kemenkes, dan BNPB untuk dapat mempersiapkan keberangkatan dan kedatangan jamaah sebaik mungkin dengan mengatur flow-nya supaya tidak terjadi penumpukan.

"Saya minta kapasitas dan kelayakan hotel serta wisma haji dapat dipastikan dengan baik, diatur kedatangan antar kloter agar tidak terjadi penumpukan," ujarnya.

Lebih lanjut, Luhut menegaskan kepada masyarakat lebih memahami lagi mengenai varian Omicron. Ia juga meminta jajaran TNI dan Polri untuk menyiapkan pusat isolasi di tiap daerah.

"Pemaparan dari pakar telah kita dengarkan, dan hal ini dapat kita pelajari dan kita terapkan dalam menghadapi situasi Covid saat ini. Di akhir, saya minta kepada Panglima TNI dan Asops Kapolri untuk kembali menyiapkan isolasi terpusat di setiap daerah," tegas Luhut.

Diingatkan juga kepada seluruh kepala daerah, baik Bupati, Wali Kota, Pangdam, Kapolda, dan seluruh jajaran di bawahnya untuk jujur terhadap data kasus COVID-19 dan jangan ada yang ditutupi agar segera dapat ditentukan langkah yang benar dan terukur.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menambahkan saat ini kasus terbanyak ada di DKI Jakarta dan segera akan menyebar ke daerah di sekitarnya.

"Saat ini kita harus kembali meningkatkan testing dan tracing untuk mengetahui penyebaran yang terjadi di sekitar kita, dan terus meningkatkan vaksinasi," imbuhnya.


(ara/ara)