Pesan Trenggono ke Anak-anak Biar Pintar: Harus Makan Ikan!

Jihaan Khoirunnisaa - detikFinance
Kamis, 27 Jan 2022 14:50 WIB
Menteri KP Sakti Wahyu Trenggono mengajak siswa SDN 01 Ngablak makan ikan.
Foto: dok. KKP: Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono
Jakarta -

Menteri Kelautan dan Perikanan (Menteri KP), Sakti Wahyu Trenggono mengunjungi SDN 01 Ngablak yang berada di Kecamatan Wonosamodro, Boyolali. Kunjungan tersebut dalam rangka mensosialisasikan program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan atau Gemarikan kepada para siswa.

Trenggono berpesan agar siswa rajin mengonsumsi ikan agar kebutuhan gizi harian bisa terpenuhi.

"Biar sekolahnya makin pintar, harus makan ikan. Bilang ya sama orang tuanya agar masak ikan. Agar sehat. Agar pintar," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (27/1/2022).

Selain itu, dia juga memotivasi siswa di SDN 01 Ngablak untuk rajin belajar dan tidak boleh putus sekolah. Trenggono pun menanyakan cita-cita mereka.

"Siapa ingin jadi menteri? Siapa ingin jadi bupati? Siapa ingin jadi presiden?" tanyanya yang dijawab dengan antusias oleh para murid.

Sementara itu, salah seorang murid kelas 2 bernama Azam mengangkat tangan. Ia berbalik bertanya apakah sebagai seorang Menteri KP, Trenggono juga suka makan ikan. Hal tersebut dijawab oleh Trenggono dengan cerita singkat.

Menurut Trenggono, dulu dia tak suka makan ikan, namun setelah tahu manfaat ikan yang penuh gizi, sekarang jadi rajin mengonsumsi ikan.

"Saya kasih tahu, saya ini penduduk di sini (Desa Ngablak). Saya dulu sekolah di sini juga. Dulunya saya nggak suka makan ikan. Tapi sekarang karena tahu ikan gizinya banyak, saya jadi suka makan ikan," jelas dia.

Sebagai informasi, pada kesempatan tersebut, Trenggono juga menyerahkan sejumlah bantuan untuk siswa dan guru SDN 01 Ngablak. Paket bantuan tersebut meliputi olahan ikan, abon ikan lele, pastel ikan lele, dan kerupuk duri lele. Selain itu ada juga kaos Gemarikan serta Komik Si Mila. Tidak hanya itu saja, Trenggono juga turut memberi bantuan untuk pengembangan fasilitas sekolah.

(prf/hns)