ADVERTISEMENT

Airlangga Ungkap Strategi Tangani COVID-19 Hingga Anggaran PEN Rp 455 T

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Jumat, 18 Mar 2022 19:45 WIB
Airlangga Hartarto
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto/Foto: Kemenko Bidang Perekonomian

Indikator-indikator ekonomi Indonesia juga terus menunjukkan tren yang terus meningkat, mulai dari neraca perdagangan yang positif, stabilnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, hingga Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di pasar saham yang sempat menyentuh level tertingginya dalam lima tahun terakhir di angka Rp 6.992.

"Ke depan, diyakini tren positif pemulihan ekonomi Indonesia ini akan semakin kuat dengan adanya super cycle dari komoditas-komoditas primadona Indonesia. Dan prioritas utama Pemerintah akan terus mendukung pertumbuhan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional. Kita akan tingkatkan jumlah UMKM yang dapat naik kelas di Indonesia, termasuk menggenjot digital economy," kata Airlangga.

Perihal perubahan iklim Airlangga menjelaskan bahwa terkait perubahan iklim posisi Indonesia jelas. Keberlanjutan lingkungan harus seimbang dengan keberlanjutan sosial dan ekonomi. Untuk itu, Indonesia terus melakukan langkah-langkah untuk memanfaatkan potensi energi baru dan terbarukan yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara, mulai dari hidropower, geothermal, hingga solar panel.

"Di samping itu, kita juga terus menjajaki teknologi baru untuk pembangkit listik tenaga batu bara dengan clean coal technology, juga carbon capture and storage technology, agar sumber daya batu bara yang saat ini masih menjadi sumber energi paling ekonomis dapat menjadi lebih ramah lingkungan," papar Airlangga.

Pada sesi penutup yang membahas mengenai gender balance, Gita Wirjawan mengutarakan harapannya untuk melihat lebih banyak perempuan dalam struktur pemerintahan Indonesia. Harapan ini disambut baik oleh Airlangga dan para hadirin.

"Faktanya, pos-pos penting dari pemerintahan Indonesia saat ini ada di tangan perempuan. Menteri Luar Negeri dan Menteri Keuangan kita yang terbukti handal dan diakui secara global adalah perempuan," jelasnya.

Maka dari itu, Airlangga menyampaikan, potensi perempuan Indonesia memang luar biasa, dan ini dipastikan akan menjadi salah satu fokus utama pemerintah untuk memberdayakan dan melibatkan perempuan Indonesia di segala bidang dan segala tingkatan, mulai dari UMKM, BUMN, korporasi swasta, legislatif, hingga di pos-pos pemerintahan.


(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT