Inggris Sita Superyacht Seharga Rp 714 M Milik Pengusaha Rusia

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 30 Mar 2022 09:03 WIB
Inggris Sita Superyacht Milik Pengusaha Rusia
Foto: Dok. National Crime Agency
Jakarta -

Inggris akhirnya menyita superyacht milik pengusaha Rusia. Superyacht bernama Phi ini harganya ditaksir sebesar 38 juta poundsterling atau setara dengan Rp 714 miliar (asumsi kurs Rp 18.800).

Superyacht ini pertama kali diidentifikasi milik Rusia pada 13 Maret 2020. Namun pemerintah memang sengaja tidak mengumumkan siapa pemilik kapal tersebut.

Dikutip dari BBC, Menteri Transportasi Grant Shapps mengungkapkan jika pengusaha Rusia itu tak punya hubungan erat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Memang, Inggris adalah salah satu negara yang juga memberikan sanksi kepada Rusia setelah aksi penyerangan ke Ukraina.

Shapps menyebutkan jika kapal itu terdaftar di pulau Karibia St Kitts dan Nevis namun memasang bendera Malta untuk menyembunyikan identitasnya.

Departemen Transportasi Inggris belum memberikan komentar apapun terkait identitas pemilik kapal itu. "Kapal itu akan tetap ada di sini dan tidak bisa digunakan untuk berlayar," jelas dia.

Dalam situsnya, produsen kapal Royal Huisman menyebutkan jika nama Phi diberikan sesuai dengan konsep matematika. Kapal berwarna biru cerah ini memiliki gudang anggur dengan jumlah yang sangat banyak. Selain itu juga ada kolam renang air tawar dan apartemen penthouse di dek bagian atas.

Kapal ini dibuat di Belanda dan mulai berlayar untuk pertama kalinya pada tahun lalu.

Simak Video 'Pengungsi Ukraina di Polandia: Kami Lolos dari Neraka!':

[Gambas:Video 20detik]



(kil/das)