ADVERTISEMENT

BNI Bantu Bisnis Diaspora & Ekspor Produk UMKM RI ke Hong Kong

Atta Kharisma - detikFinance
Sabtu, 09 Apr 2022 13:43 WIB
Produk Indonesia di Hong Kong
Foto: dok. BNI

Direktur Treasury dan Internasional BNI Henry Panjaitan mengatakan cerita bisnis dari keluarga Alex yang merupakan salah satu dari ribuan diaspora yang terbantu oleh BNI. BNI berhasil menghubungkan diaspora dengan UMKM di Indonesia melalui diaspora loan.

Melalui kemitraan ini, BNI memastikan produk-produk lokal masuk ke supermarket di Hong Kong dengan target pasar orang Indonesia sekaligus penduduk lokal.

"Kami berharap ini menjadi sebuah kisah inspiratif bagi banyak diaspora sekaligus pelaku UMKM di Indonesia untuk terus menjawab peluang bisnis yang besar di luar negeri," tutur Henry.

Ia menjelaskan Hong Kong memberi berbagai kemudahan dan kepastian hukum dalam berbisnis. Dari sisi kepastian hukum, Hong Kong memiliki undang-undang yang sangat jelas tentang perlindungan terhadap pengusaha. Dari sisi kemudahan berusaha, pemerintah Hong Kong pun memberikan berbagai kebijakan bebas pajak untuk ekspor dan impor barang dari dan keluar Hong Kong.

Kebijakan ini yang membuat banyak orang mendirikan perusahaan di Hongkong untuk mengimpor barang dan kemudian mengekspornya ke negara lain.

Ia menambahkan BNI juga proaktif mengajak perusahaan-perusahaan besar, terutama asal Indonesia untuk membuka usaha di Hongkong dan lebih aktif mencari peluang-peluang ekspor produk buatan Indonesia.

"Salah satu bisnis yang kami lakukan di BNI Hongkong adalah mengajak perusahaan-perusahaan besar, terutama asal Indonesia, untuk kemudian membuka usaha di Hongkong, dan kemudian kami biayai ekspor impornya, dimana induk perusahaannya dibiayai BNI di Indonesia, kemudian di Hongkong kita biayai perusahaan trading arm-nya. Inilah pada dasarnya bisnis utama pada BNI Hongkong," pungkas Henry.



Simak Video "UMKM Jawa Barat mendunia bersama BNI Xpora"
[Gambas:Video 20detik]

(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT